Connect with us

Nasional

Ini Pesan Kapolri untuk Banser yang Ikut Jaga Gereja

Published

on

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis

Geosiar.com, Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis meninjau pos pengamanan di Gereja Katedral Kota Semarang pada Rabu (17/12/2019) pukul 14.15. Idham datang didampingi oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjanjanto.

Kemudian mereka meninjau pos pengamanan di gerbang masuk gereja. Kehadiran Kapolri dan Panglima TNI disambut oleh anggota pengamanan gabungan. Selain terdiri dari unsur kepolisian dan TNI anggota pengamanan juga diikuti Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama atau Banser NU dan Pramuka.

Idham berterima kasih kepada masyarakat sipil yang turut berpartisipasi untuk mengamankan perayaan Natal 2019.

“Banser NU ini selalu ikut melakukan pengamanan saat Natal. Saya apresiasi,” katanya.

Banser dikenal konsisten dalam mengamankan gereja saat Perayaan Natal. Banser mulai aktif menjaga gereja sejak Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memerintahkan. Gus Dur memerintah Banser menjaga gereja setelah terjadi perusakan gereja di Situbondo Jawa Timur pada 1996.

Idham berpesan kepada Banser untuk berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam mengamankan gereja.

“Agar pengamanan yang dilakukan tetap sesuai dengan SOP,” ucap dia.

Mereka tak lama berada di Gereja Katedral. Setelah itu, rombongan meninggalkan gereja. Selain mengunjungi Gereja Katedral, Kapolri bersama Panglima TNI juga singgah di Akademi Kepolisian Semarang. Di sana dilakukan arahan untuk anggota Polri dan TNI.