Connect with us

Sumut

Sekdaprov Sumut: Biro Humas Dilebur ke Dinas Kominfo

Published

on

Sekdaprov Sumut R Sabrina

Geosiar.com, Medan – Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumut dilaporkan bakal dilebur. Contohnya, di Setdaprov Sumut, Biro Humas dan Keprotokolan akan digabung ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Peleburan tersebut menyusul perubahan nomenklatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56/2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

R Sabrina selaku Sekdaprov Sumut mengatakan, perubahan nomenklatur yang diundangkan sejak 26 Agustus 2018 tersebut berlaku untuk sekretariat daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Di Setdaprov Sumut, jumlah OPD tidak berubah atau tetap sebanyak sembilan biro.

“Misal Biro Humas akan dilebur ke Diskominfo menjadi satu bidang di sana. Lalu ada biro lain, tapi saya lupa apa. Begitupun muncul yang baru dua biro juga. Jadi jumlahnya tetap sembilan,” ungkapnya kepada awak media, pada Selasa (17/12/2019).

Permendagri yang menjadi landasan atas pelaksanaan regulasi ini, menurutnya tengah disusun dalam rancangan peraturan gubernur(Ranpergub).

Selain itu, penyesuaian nomenklatur dinas-dinas juga sudah pihaknya siapkan manakala ada perubahan lagi dari pemerintah pusat. Usai Permendagri 56/2019 itu turun, dibuat lagi nomenklatur untuk dinas-dinas.

“Cuma waktu itu menunggu kementerian-kementerian terbentuk. Begitu kementerian terbentuk, masuk pula rencana perampingan eselonisasi. Akan tetapi untuk dinas-dinas sudah kami susun juga,” tutupnya.