Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pertama di Ibu Kota Baru

Published

on

Jokowi meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda. (detik.com)

Geosiar.com, Balikpapan – Presiden Jokowi resmikan Ruas tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur, hari ini, Selasa (17/12/2019). Ini merupakan tol pertama di Kalimantan dan merupakan akses menuju ibu kota negara (IKN) yang baru.

“Ini adalah jalan tol pertama di Pulau Kalimantan dan kita harapkan dari pembangunan ini kecepatan efisiensi mobilitas barang orang logistik bisa kita dapatkan,” tutur Jokowi.

Peresmian diadakan di Gerbang Tol Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (17/12/2019) dengan cuaca yang terpantau gerimis saat Jokowi tiba di lokasi peresmian. Namun terik matahari tetap menyengat di acara peresmian tol.

Jokowi meminta proyek tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) rampung pada April 2020.

Seksi yang diresmikan hari ini hanya untuk seksi 2, 3, dan 4a dengan total panjang 58,47 km. Tepatnya dimulai di Samboja hingga Simpang Pasir.

Sementara panjang total jalan tol ini mencapai 99,35 km. Pembangunan tol ini didanai pinjaman dari China dan investasi dari Jasa Marga. Tol yang dibangun pemerintah adalah seksi 1 dan seksi 5 sepanjang 33,11 km dan ruas investasi mencakup seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66,23 km.

Target jumlah kendaraan per harinya sebanyak 9.978 unit. Biaya investasi pembangunan tol ini sebesar Rp 9,97 triliun dengan masa konsesi 40 tahun, dengan tarif golongan I berdasarkan PPJT sebesar Rp 1.000 per km.