Connect with us

Olahraga

Indonesia Direncanakan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Renang

Published

on

Menpora Zainudin Amali saat membuka acara nasional Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2019 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (13/12/2019). [Foto: dok. PRSI]

Geosiar.com, Olahraga – Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) tengah mengusahakan agar Indonesia bisa menjadi penyelenggara Kejuaraan Dunia Federasi Renang Internasional (FINA). Rencana ini juga didukung sepenuhnya oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Menurut Zainudin, dengan mengadakan berbagai kejuaraan tingkat internasional, impian Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah Olimipade 2032 dapat terealisasi.

“Harus diniatkan bahwa Indonesia harus bisa jadi tuan rumah kejuraan dunia renang,” kata Zainudin, dilansir dari ANTARA, ketika membuka acara nasional Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2019 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Dia mengaku bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memberikan instruksi supaya Kemenpora bersama National Olympic Committe (NOC) dapat menyelenggarakan sejumlah kejuaraan internasional di tanah air demi membuka peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah olimpiade.

“Presiden sudah beri arahan kepada saya dan NOC supaya kita bisa membuat kejuraan-kejuaraan internasional di Indonesia apalagi kita ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” jelasnya.

Di pihak lain, Wisnu Wardhana selaku Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga (Kabidbinpres) PB PRSI, menyatakan bahwa pihaknya bersama NOC juga telah merencanakan agar Indonesia bisa melakukaan bidding menjadi tuan rumah seri kejuaraan dunia renang.

Rencana tersebut, katanya, terbilang sangat realistis lantaran Indonesia memiliki standar fasilitas renang yang baik bahkan diakui oleh FINA. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dan stakeholder turut mendukung rencana tersebut.

“Kami mempunyai rencana (Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia renang) karena kita mempunyai fasilitas yang diakui FINA. Jadi kita coba realisasikan jika didukung oleh pemerintah dan sponsor insya Allah kita bisa berhasil dan jadi tuan rumah yang baik,” jelasnya.

Dia optimis Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik pada kejuaraan dunia nantinya, mengingat Indonesia pernah menggelar perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung sangat sukses. 

“Tidak sulit sama sekali, kita mampu, hanya bagaimana kita mampu mendapatkan bidding atau license,” pungkasnya.