Connect with us

Nasional

Wantimpres Resmi Dilantik, Wiranto Jadi Pimpinan

Published

on

Proses pelantikan sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (13/12/2019) siang.[Foto: KOMPAS.com/Ihsanuddin]

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024, di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (13/12/2019) pukul 14.55 WIB.

Adapun pelantikan itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 137/p Tahun 2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden. Kesembilan anggota Wantimpres itu berasal dari kalangan politikus, pengusaha, hingga ulama, yaitu:

  1. Wiranto (mantan Menko Polhukam)
  2. Sidharto Danusubroto (politikus senior PDIP)
  3. Agung Laksono (politikus senior Golkar)
  4. M Mardiono (politikus senior PPP)
  5. Soekarwo alias Pakde Karwo (mantan Gubernur Jawa Timur)
  6. Arifin Panigoro (pendiri Medco Group)
  7. Putri Kuswisnu Wardani (Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk)
  8. Dato Sri Tahir (Pemilik Grup Mayapada)
  9. Habib Luthfi bin Yahya (Tokoh Nahdlatul Ulama (NU)

Dalam pelantikan itu, Presiden Jokowi kemudian meminta para anggota Wantimpres baru untuk mengucapkan sumpah.

“Bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya, kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti para anggota Wantimpres.

Sebagai informasi, Wiranto didapuk sebagai ketua Wantimpres merangkap anggota. Sementara Habib Luthfi, Arifin, Tahir, Putri, Sidarto, Mardiono, Pakde Karwo, dan Agung Laksono sebagai anggota.