Connect with us

Dunia

Petugas Temukan 6 Korban Letusan Gunung di Selandia Baru

Published

on

Tim penyelamat korban letusan gunung api di Island White, Selandia Baru. [Foto: MICHAEL SCHADE / TWITTER]

Geosiar.com, Selandia Baru – Petugas kepolisian dan tim penyelamat baru saja menemukan enam dari delapan korban yang terjebak setelah letusan gunung di White Island, Selandia Baru. Butuh waktu lebih dari lima jam bagi petugas untuk mengevakuasi enam korban tewas tersebut.

Dikutip dari AFP, misi pencarian korban diawali dengan mengerahkan drone untuk menemukan keenam mayat pada Jumat (13/12/2019). Kemudian, evakuasi jenazah dilakukan dengan menggunakan dua helikopter. Keenam jenazah kemudian diangkut ke kapal milik angkatan laut yang berlabuh di area lepas pantai.

Untuk dua korban yang masih belum ditemukan, Menteri Luar Negeri Marise Payne mengatakan pihaknya tidak akan terus berupaya menemukan jenazah mereka. Oleh sebab itu, dia turut berbelasungkawa kepada keluarga korban.

“Kami mengerti ini merupakan bencana yang menjadi momen keputusasaan dan sedih mendalam bagi keluarga dan teman untuk orang yang mereka cintai,” tutur Marise Payne dikutip dari AFP, Jumat (13/12/2019).

Sebelumnya, proses penyelamatan sempat tertunda karena abu pekat dan gas beracun masih mengepul di sekitar lokasi kejadian. Bahaya sewaktu-waktu akan terjadi sehingga proses evakuasi diberhentikan sementara.

Seperti diketahui, ketika gunung meletus, pulau itu sedang dikunjungi sebanyak 47 wisatawan dari kapal pesiar asal Karibia, Ovation of the Seas, yang sedang berlabuh di Pulau Utara. Turis yang hilang dan terluka berasal dari Amerika Serikat, Australia, China, Inggris dan Malaysia.