Connect with us

Dunia

Erdogan Sebut Risma Perempuan Inspiratif

Published

on

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan. [Foto/Dok.KBRI Turki]

Geosiar.com, Ankara – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menjadi tamu kehormatan sekaligus narasumber dalam Forum Internasiona Perempuan di Pemerintah Lokal di Ankara, Turki, pada 11-12 Desember 2019.

Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan oleh Sayap Perempuan Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), yaitu partai politik yang didirikan dan dipimpin oleh Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan. Tujuannya untuk memaksimalkan peran perempuan di berbagai sektor, termasuk dalam politik.

Menurut Erdogan, Risma merupakan sosok perempuan yang berhasil dalam menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota dan juga berhasil menjadi inspirasi bagi banyak perempuan, termasuk di Turki.

“Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan,” tutur Erdogan dalam pidato sambutannya.

Duta Besar RI di Ankara, Lalu Muhamad Iqbal menjelaskan kehadiran Risma di Turki karena diminta langsung oleh para pemimpin politik di Turki. Baginya, permintaan itu menjadi kebanggaan tersendiri untuk Indonesia karena kaum perempuannya bisa menjadi inspirasi dan model bagi kaum perempuan di negara lain.

“Para pemimpin politik di Turki meminta bantuan saya menghadirkan Bu Risma. Sebuah kebanggaan jika perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi dan model bagi kaum perempuan di negara lain,” jelas Lalu Muhamad Iqbal, dikutip dari Sindonews, Jumat (13/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Risma juga menandatangani Kerja Sama ‘Sister City’ antara Kota Surabaya dengan Kota Gaziantep yang merupakan salah satu kota industri utama di Turki. Kota ini juga dipimpin oleh seorang Wali Kota perempuan.