Connect with us

Nasional

17.190 TNI Dukung Pengamanan Nataru

Published

on

TNI siap membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru. [Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoa]

Geosiar.com, Jakarta – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan akan menurunkan sekitar 17.190 personel untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia.

“Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010, kami dapat merujuk pada pengamanan tahun 2018,” tutur Marsekal Hadi Tjahjanto melalui keterangan tertulis, Jumat (13/12/2019).

Pengumuman itu juga disampaikannya ketika menghadiri “Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019 dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019” di Auditorium STIK/PTIK, Jakarta Selatan.

Hadi mengklaim, pihaknya telah memahami titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Kendati demikian, dia berharap setiap pihak dapat berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi, dan bertukar informasi,” harapnya.

Selain mengamankan masyarakat, Hadi mengingatkan bahwa langkah pengamanan tersebut juga diperuntukan untuk mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan.

“Apabila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait,” tegasnya.

Sekali lagi, Hadi menegaskan bahwa TNI siap memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengamankan hari besar Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.