Connect with us

Sumut

Keseriusan Akhyar Nasution Membangun Kota Medan, Ini Katanya..

Published

on

Parapat, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution terus menunjukkan keseriusan untuk membangun kota Medan lebih baik. Berbagai terobosan upaya pembenahan infrastruktur hingga kebersihan kota Medan menjadi lebih baik tetap ditingkatkan.

Buktinya, Akhyar kerap mengajak warga Medan membangun semangat kebersamaan menjaga kebersihan dan perawatan fasilitas umum. Tidak heran, disetiap kesempatan, Akhyar tetap sosialisasi kebersihan seperti membagikan tempat minuman kemasan botol tumbler. Tujuannya meminimalisir volume sampah di kota Medan.

Seperti halnya disela sela pembukaan rapat kerja (raker) DPRD Medan di Parapat, Rabu (11/12/2019). Akhyar membagikan tempat minuman botol tumbler secara simbolis kepada sejumlah anggota DPRD Medan. Dengan harapan perwakilan anggota DPRD Medan itu ikut membantu mensosialisasikan menjaga kebersihan yakni melalui pemakaian tumbler kepada masyarakat. Hal itu dianggap penting mengurangi penggunaan sampah plastik atau botol minuman sekali pakai.

Dikatakan Akhyar, adapun alasannya gencar membagikan botol tumbler, karena selama ini sampah yang didapat petugas dari parit atau drainase didominasi sampah plastik dan kemasan botol minuman sekali pakai. Maka penggunaan sampah plastik patut dikurangi.

“Kita bukan anti plastik, tetapi karena belum disiplinnya kita menjaga kebersihan sehingga sampah menumpuk dimana mana yang mengakibatkan kota jorok dan banjir,” ujar Akhyar.

Terkait hal itu kata Akhyar pihaknya pihaknya telah menanamkan sebuah semangat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan serta kepala lingkungan (Kepling) harus mampu menjaga kebersihan.

“Seorang ASN dan Kepling harus mampu mengajak masyarakat membersihkan sampahnya sendiri serta menyiapkan tempat sampah. Kepling harus mampu berkomunikasi dengan masyarakat agar berswadaya menyiapkan tempat sampah mewujudkan Medan rumah kita,” pinta Akhyar.

Ditambahkan Akhyar, semangat bergotongroyong tersebut kiranya tetap dibangun dan ditingkatkan demi perbaikan kota Medan. Pihaknya menyadari, minimnya peralatan tempat sampah selama ini membuat kebersihan kota Medan belum maksimal seratus persen. Tetapi kata Akhyar, kondisi demikian akan dapat diminimalisir jika warga Medan disiplin dan tertib menjaga kebersihan.

Ditambahkan, komunikasi dan kerjasama swadaya kepada semua pihak supaya terus dilakukan sehingga kebersihan kota Medan dapat dibanggakan.

Terkait hal itu, tambah Akhyar, masih saja ada sampah yang belum terangkut dan hal itu bukan kesengajaan. “Tetapi mungkin, petugas lagi berhalangan. Positif saja lah kita jika ada petugas yang terlambat mengangkut sampah dari lingkungan kita. Mungkin petugasnya lagi sakit dan kurang enak badan”, tambah Akyar Nasution.

Pada kesempatan itu, Akhyar mengajak agar eksekutif dan legislatif dapat membangun semangat kebersamaan. “Ayo bekerja terus, Pasti kota Medan bisa bagus dan lebih bagus,” ucapnya.

Akhyar berkeyakinan, warga Medan pasti mau jika dikasih tau. “Semangat itu harus dijaga dan dikembangkan. Semangat kebersamaan terus kita bangun mulai hari ini. APBD Pemko Medan TA 2020 mari kita optimalkan demi kepentingan warga kota Medan,” harapnya. (lamru)

Advertisement