Connect with us

Sumut

Keseriusan Akhyar Nasution Membangun Kota Medan, Ini Katanya..

Published

on

Parapat, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution terus menunjukkan keseriusan untuk membangun kota Medan lebih baik. Berbagai terobosan upaya pembenahan infrastruktur hingga kebersihan kota Medan menjadi lebih baik tetap ditingkatkan.

Buktinya, Akhyar kerap mengajak warga Medan membangun semangat kebersamaan menjaga kebersihan dan perawatan fasilitas umum. Tidak heran, disetiap kesempatan, Akhyar tetap sosialisasi kebersihan seperti membagikan tempat minuman kemasan botol tumbler. Tujuannya meminimalisir volume sampah di kota Medan.

Seperti halnya disela sela pembukaan rapat kerja (raker) DPRD Medan di Parapat, Rabu (11/12/2019). Akhyar membagikan tempat minuman botol tumbler secara simbolis kepada sejumlah anggota DPRD Medan. Dengan harapan perwakilan anggota DPRD Medan itu ikut membantu mensosialisasikan menjaga kebersihan yakni melalui pemakaian tumbler kepada masyarakat. Hal itu dianggap penting mengurangi penggunaan sampah plastik atau botol minuman sekali pakai.

Dikatakan Akhyar, adapun alasannya gencar membagikan botol tumbler, karena selama ini sampah yang didapat petugas dari parit atau drainase didominasi sampah plastik dan kemasan botol minuman sekali pakai. Maka penggunaan sampah plastik patut dikurangi.

“Kita bukan anti plastik, tetapi karena belum disiplinnya kita menjaga kebersihan sehingga sampah menumpuk dimana mana yang mengakibatkan kota jorok dan banjir,” ujar Akhyar.

Terkait hal itu kata Akhyar pihaknya pihaknya telah menanamkan sebuah semangat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan serta kepala lingkungan (Kepling) harus mampu menjaga kebersihan.

“Seorang ASN dan Kepling harus mampu mengajak masyarakat membersihkan sampahnya sendiri serta menyiapkan tempat sampah. Kepling harus mampu berkomunikasi dengan masyarakat agar berswadaya menyiapkan tempat sampah mewujudkan Medan rumah kita,” pinta Akhyar.

Ditambahkan Akhyar, semangat bergotongroyong tersebut kiranya tetap dibangun dan ditingkatkan demi perbaikan kota Medan. Pihaknya menyadari, minimnya peralatan tempat sampah selama ini membuat kebersihan kota Medan belum maksimal seratus persen. Tetapi kata Akhyar, kondisi demikian akan dapat diminimalisir jika warga Medan disiplin dan tertib menjaga kebersihan.

Ditambahkan, komunikasi dan kerjasama swadaya kepada semua pihak supaya terus dilakukan sehingga kebersihan kota Medan dapat dibanggakan.

Terkait hal itu, tambah Akhyar, masih saja ada sampah yang belum terangkut dan hal itu bukan kesengajaan. “Tetapi mungkin, petugas lagi berhalangan. Positif saja lah kita jika ada petugas yang terlambat mengangkut sampah dari lingkungan kita. Mungkin petugasnya lagi sakit dan kurang enak badan”, tambah Akyar Nasution.

Pada kesempatan itu, Akhyar mengajak agar eksekutif dan legislatif dapat membangun semangat kebersamaan. “Ayo bekerja terus, Pasti kota Medan bisa bagus dan lebih bagus,” ucapnya.

Akhyar berkeyakinan, warga Medan pasti mau jika dikasih tau. “Semangat itu harus dijaga dan dikembangkan. Semangat kebersamaan terus kita bangun mulai hari ini. APBD Pemko Medan TA 2020 mari kita optimalkan demi kepentingan warga kota Medan,” harapnya. (lamru)

Advertisement

Sumut

Mantan Gubsu Tengku Erry Silaturahmi dengan Kodam I/BB

Published

on

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah memberikan cendra mata kepada mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (Antara)

Geosiar.com, Medan – Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi membangun tali silaturahim dengan Keluarga Besar Kodam I Bukit Barisan.

Kedatangan Tengku Erry (adik almarhum Mayjen TNI (Purn) Tengku Rizal Nurdin yang sempat juga menjabat Pangdam I/BB tahun 1997-1998 dan Gubernur Sumut, disambut oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah dan didampingi
Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, di Makodam I/BB, Medan, Selasa (22/1/2020).

Tengku Erry mengatakan bahwa kunjungannya tidak lain untuk membangun tali silaturahim dengan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah beserta para PJU Kodam I/BB lainnya.

Selain bersilaturahim dan saling bertukar informasi, kunjungan Tengku Erry juga dibawa Pangdam I/BB untuk berkeliling di Makodam I/BB, yakni melihat Museum Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, ruangan fitnes AE Kawilarang dan kemudian foto bersama di Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Sebelum meninggalkan Makodam I/BB yang berlokasi di Jalan Medan-Binjai itu, Tengku Erry menerima souvenir dari Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah. Yaitu figura dan foto bersama di depan Tugu Jenderal Besar Soedirman.

Dalam kunjungan ke Mokodam I/BB, Tengku Erry kelihatan tampak senang dan bahagia atas penyambutan yang amat ramah dari Pangdam I/BB beserta rombongan.

Continue Reading

Sumut

Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Syukuran HUT ke-12 RSUD Sultan Sulaiman

Published

on

Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Syukuran HUT ke-12 RSUD Sultan Sulaiman

Geosiar.com, Sergai – Sudah 12 tahun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. Bupati Sergai Ir H Soekirman sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh unsur RSUD Sultan Sulaiman. Soekirman hadir didampingi Wabup Darma Wijaya saat menghadiri acara Syukuran HUT ke-12 RSUD Sultan Sulaiman, di halaman RSUD Sultan Sulaiman Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Sergai, Selasa (21/01/2020).

Menurut Bupati, hal yang membuatnya gembira adalah RSUD ini sudah mempunyai pabrik oksigen alami, yakni tumbuhnya beberapa pohon trembesi serta mahoni yang membuat rindang serta sejuk mata memandang.

“Kelengkapan alat medis, akan diperhatikan oleh Pemerintah Daerah sebab di zaman berkembang ini kita sangat memerlukan alat-alat kesehatan canggih serta SDM yang mumpuni dalam hal penggunaan alat medis canggih tersebut,” ungkap Soekirman.

“Pada hakikatnya saat ini yang dicari orang desa adalah dokter/mantri/bidan yang serasi. Kata-kata serasi bagi orang kampung adalah penting, sehingga RSUD Sultan Sulaiman ini memakai motto SERASI (Senyum, Empati, Ramah, Amanah, Sigap dan Ikhlas),” tambahnya.

Penjelasan dari motto tersebut yaitu, senyum yang sangat mujarab menjadi obat agar pasien dapat segera sembuh. Kemudian Empati, yaitu mengikuti keinginan masyarakat. Selanjutnya adalah Ramah, yang sangat penting sebagai bentuk pelayanan prima. Amanah, berpegang kepada tanggung jawab yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

 Bupati berpesan, personel rumah sakit harus sigap, artinya sigap sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien, serta Ikhlas yang ditanamkan dalam diri setiap personil RS dalam mengabdi kepada masyarakat dengan menjadikan pekerjaan sebagai ladang amal.

“Insha Allah dengan motto ini RSUD Sultan Sulaiman akan lebih baik lagi, menjadi kebanggaan serta menjaga wajah Bupati dan Wabup dihadapan masyarakat,” ujarnya.

“Kepada seluruh yang hadir untuk menjaga kekondusifan daerah serta kekompakan dengan tetap bekerja profesional sesuai tupoksinya dan tidak terpengaruh provokasi dari pihak yang tidak bertanggungjawab,” tambah Soekirman.

Sementara Wabup Sergai H Darma Wijaya mengucapkan rasa syukur sebab  Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang baru berusia 4 tahun pada saat itu sudah mempunyai RSUD.  “Awalnya dahulu mungkin dengan keterbatasan alat kesehatan membuat RSUD Sultan Sulaiman kurang dipercaya masyarakat, namun sekarang sudah jauh berubah dibuktikan dengan semakin tingginya kepercayaan masyarakat berobat ke RS ini.”

RSUD Sultan Sulaiman dipercaya oleh Kementerian Kesehatan dengan peningkatan akreditasi serta semakin melengkapi diri dengan peralatan medis guna peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Prestasi ini kiranya terus dipertahankan dan ditingkatkan, sebab pelayanan RSUD Sultan Sulaiman menjadi wajah dari Bupati dan Wabup.

Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Nanda Satria mengatakan beliau mengingat kembali saat pertama kali bertugas di RSUD Sultan Sulaiman dengan segala keterbatasan serta jumlah kunjungan pasien yang masih rendah.

“Alhamdulillah saat ini kunjungan pasien telah semakin meningkat, meski masih terdapat beberapa kekurangan dibanding RS Swasta seperti insfratruktur dan fasilitas lainnya, namun komitmen serta tekad dari seluruh unsur RSUD Sultan Sulaiman sangat kuat guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

kedepannya ditargetkan agar fasilitas pendukung RS dapat semakin dilengkapi sehingga pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih maksimal. “Kami ucapan terimakasih kepada panitia yang menggelar syukuran ini, semoga silaturahmi dan kekompakan kita semakin kuat untuk menciptakan generasi sehat Indonesia Unggul,” kata dr.Nanda.

Sebelumnya Ketua Panitia dr. Fauziah Harahap dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka syukuran HUT ke-12 RSUD Sultan Sulaiman sejak diresmikan pada 6 Januari 2008 yang lalu. Syukuran tersebut mengusung tema ‘Generasi Sehat Indonesia Unggul’ serta Sub Tema ‘Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Melalui Disiplin Kerja Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat.’

Kegiatan tersebut diisi dengan penyerahan santunan kepada anak yatim dirangkai penyerahan penghargaan kepada dokter terbaik, perawat terbaik, tenaga kesehatan lain terbaik serta staff umum terbaik dilingkungan RSUD Sultan Sulaiman Kabupaten Sergai, peninjauan serta pemberian cenderamata dalam rangka HUT ke-12 RSUD Sultan Sulaiman kepada pasien rawat inap.

Acara itu dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP M AP, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP My Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Direktur RSUD Sultan Sulaiman beserta jajaran, penerima santunan serta para undangan.  (art)

Continue Reading

Sumut

Audiensi Ke Gubsu, Soekirman: IPA Mentara Bukan Organisasi Tandingan

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama Ikatan Persaudaraan Alumni Resimen Mahasiswa Sumatera Utara (IPA Mentara) audensi ke Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi

Geosiar. com, Sergai  – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama Ikatan Persaudaraan Alumni Resimen Mahasiswa Sumatera Utara (IPA Mentara) audensi ke Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Gubsu di ruang kerjanya lantai 10, Jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan, Senin (20/01/2020).

Bupati Sergai Ir H Soekirman salah satu anggota istimewa IPA Mentara mengatakan Resimen Mentara ini selalu aktif melakukan kegiatan sosial seperti bakti sosial berupa sunat massal, pemeriksaan kesehatan gratis hingga penanaman pohon di Kabupaten Karo dan Sergai.

“Kedepannya akan semakin kita lengkapi dengan konsep strategis lewat seminar-seminar untuk membahas pembangunan yang dilakukan di Sumut,” ujarnya.

IPA Mentara bukanlah tandingan untuk Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Sumut dan bukan organisasi tandingan lantaran seluruh anggota IPA Mentara merupakan anggota dari IARMA Sumut, “Kami pun hanya ingin mempererat silahturahim antar alumni Ringdam Siantar,imbuh Soekurman.”

“Gubsu Edy Rahmayadi sangat welcome bahwa dalam rangka membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, khususnya dalam rangka melengkapi jika terjadi peperangan rakyat semesta, maka cadangan nasional kita adalah resimen mahasiswa,” tambahnya.

“IPA Mentara selalu melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan dan kedepannya akan terus dilengkapi dengan konsep-konsep strategis pada seminar maupun urun rembuk yang dapat disumbangkan untuk Sumut bermartabat,” sebut Soekirman mengakhiri.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi  mengatakan, beliau mengharapkan kedepannya terjalin sinergi yang baik antara Pemprov Sumut dengan para alumni IPA Mentara.

“Saya senang melihat abang-abang sekalian, diusia senja masih memikirkan pembangunan di Sumut ini, dengan melakukan beberapa kegiatan bakti sosial kepada masyarakat, kalau bisa kedepan Pemprov pun bisa bersinergi dalam kegiatan IPA Mentara,” ungkapnya.

Gubsu juga berharap dengan arahan dari para alumni Menwa bisa menjadi salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). “Di luar negeri ada namanya bela negara, di Inggris itu walau pun keluarga kerajaan, harus mengikuti wajib militer, untuk itu negara ini membutuhkan Menwa, untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara.”

Berangkat dari jumlah anggota Menwa yang saat ini hanya 120 orang resimen di Sumut, Gubsu menginginkan agar kedepan para alumni solid untuk memberikan masukan pada 9 satuan Menwa yang terdiri dari Unimed, USU, UINSU, UMSU, UISU, ITM, Quality, STIP-AP dan Sari Mutiara.

 “Lama-lama nanti akan hilang mereka karena tak tahu arah apa yang mau dilakukan, padahal dahulu kan berebut orang ingin menjadi Menwa, untuk itu alumni pun harus solid,” ucap Gubsu.

Turut hadir pada audensi tersebut, Mhd Fitriyus Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut dan para anggota IPA MENTARA. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com