Connect with us

Politik

Demokrat Nyatakan Sikap Politik Oposisi Penyeimbang

Published

on

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan (tengah) di Acara Pidato Refleksi Pergantian Tahun. [Foto: okezone.com/Harits]

Geosiar.com, Jakarta – Partai Demokrat menegaskan tetap berada di luar pemerintahan sebagai pihak oposisi penyeimbang. Sikap politik itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidato refleksi akhir tahun bertajuk ‘Indonesia Tahun 2020: Peluang, Tantangan, dan Harapan’, Rabu (11/12/2019) malam.

Kendati demikian, SBY memastikan tetap berkomitmen untuk mendukung kinerja dan kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin lima tahun ke depan. Asalkan kebijakan itu tepat sasaran dan sesuai keinginan rakyat. Apabila tidak, SBY memastikan pihaknya siap melancarkan kritikan.

“Meskipun saat ini Partai Demokrat berada di luar pemerintahan pusat, komitmen kami tak berubah. Kami ingin pemerintah sukses dalam melaksanakan tugasnya. Kalau pemerintah sukses, rakyatlah yang mendapatkan manfaatnya,” kata SBY dalam pidatonya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekjen PD Hinca Pandjaitan saat ditemui pada acara yang sama. Menurut Hinca, posisi politik Demokrat sebagai penyeimbang berbeda artinya dengan tidak bersikap.

“Sikap kami dari awal nggak pernah berubah, lima tahun yang lalu, lima tahun ke depan kami tetap sama. Yang sudah baik kita dukung, yang belum baik kita kritisi, kita perbaiki supaya baik,” tutur Sekjen PD Hinca Pandjaitan di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019) malam.

Dia menepis tanggapan yang menyebut bahwa Demokrat itu sebagai partai abu-abu karena memilih berada di antara pemerintahan dan oposisi. Menurutnya, anggapan itu adalah fitnah.

“Siapa yang bilang Demokrat abu-abu itu fitnah. Demokrat itu biru,” imbuh Hinca. “Kami nggak mengenal istilah oposisi koalisi. Demokrat yakin betul bahwa dengan caranya berpolitik kami ini cukup baik, seimbang, penyeimbang. Ada orang yang protes, ‘ah penyeimbang nggak punya sikap’. Anda dengarkan sikap Indonesia gerakan Non-Blok. Dia mencegah perang dunia terjadi,” pungkasnya.