KPK Apresiasi Ultimatum Jokowi kepada Kapolri

by

Geosiar.com, Jakarta – Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik ultimatum Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditujukan kepada Kapolri Jenderal Idham Azis untuk segera mengumumkan hasil perkembangan kasus teror Novel Baswedan.

“WP [wadah pegawai] KPK menyambut baik adanya perintah Presiden kepada Kapolri untuk mengumumkan hasil kasus Novel yang tentu saja dengan kesimpulan bahwa pelaku dari penyerangan terhadap Novel Baswedan terungkap dalam waktu hari-hari ke depan,” tutur Ketua WP KPK Yudi Purnomo melalui pesan singkat, Rabu (11/12/2019).

Yudi menganggap sikap tegas Jokowi terhadap Kapolri itu merupakan kabar baik di tengah-tengah kebuntuan penuntasan kasus yang sudah berjalan hampir tiga tahun lamanya.

“Setelah sempat diundur dari tanggal 17 Oktober sampai awal Desember 2019, ini merupakan kabar baik di tengah kebuntuan akan kasus ini yang pada Januari 2020 akan mencapai 1.000 hari,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, Yudi pun menyampaikan harapan jika dalam waktu dekat ini polisi benar-benar mengungkap siapa pelaku serta dalang penyiram air keras kepada Novel Baswedan.

“Semoga dalam waktu beberapa hari ke depan kita sudah dapat mengetahui siapa pelakunya yang menjadi misteri hingga saat ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ada temuan baru oleh tim teknis Polri atas kasus teror penyidik senior KPK itu yang merujuk pada kesimpulan. Karena itu, ia pun berpesan kepada Kapolri agar segera mengumumkan temuan itu kepada publik.

“Ada temuan baru yang sudah menuju pada kesimpulan. Saya tidak bicara masalah bulan. Kalau saya bilang secepatnya, berarti dalam waktu harian,” kata Presiden Jokowi, di Jakarta, kemarin.