Connect with us

Dunia

11 Orang Hilang Pasca Letusan Gunung Selandia Baru

Published

on

Penampakan letusan gunung berapi di Selandia Baru. [Foto: MICHAEL SCHADE]

Geosiar.com, Selandia Baru – Total sebelas orang masih belum ditemukan pasca letusan gunung api di White Island (Whakaari dalam bahasa Maori), Selandia Baru. Adapun kesebelas orang yang dinyatakan hilang itu merupakan warga negara Australia.

Dilansir Associated Press, Selasa (10/12/2019), Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison mengatakan ada kemungkinan tiga warga Australia ada di antara para korban tewas. Sejauh ini, bencana itu dilaporkan telah menewaskan 13 orang.

“Saya takut ada kabar buruk yang datang dalam beberapa hari mendatang. Ini adalah tragedi, yakni ketika erupsi terjadi saat mereka sedang bersenang-senang,” ujar Morrison, seperti dilansir Associated Press, Selasa (10/12/2019).

Sebelumnya, Wakil Komisaris Polisi John Tims menginformasikan ada sekitar 50 orang yang berada di pulau itu saat erupsi terjadi. Pihaknya berhasil mengevakuasi 23 orang, termasuk 5 korban tewas. 18 orang yang selamat mengalami luka dan luka bakar.

Seperti diketahui, gunung api yang ada di sebuah pulau kecil bernama White Island ini mengalami erupsi pada Senin (9/12) sore waktu setempat. Gunung api ini terpantau memuntahkan sejumlah besar abu dan kepulan uap panas setinggi 3.658 meter ke udara.