Connect with us

Dunia

Satu Orang Tewas Akibat Letusan Gunung Api di Selandia Baru

Published

on

Gunung api di White Island Selandia Baru meletus pada Senin (9/12/2019). (Foto: AFP)

Geosiar.com, Wellington – Gunung berapi di salah satu objek wisata di Selandia baru, White Island, mengalami erupsi, Senin (9/12/2019) sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Akibatnya, satu orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan orang lainnya mengalami luka-luka.

Dilansir dari AFP, gunung api yang berada 50 kilometer atau 30 mil dari lepas pantai timur North Island itu terpantau memuntahkan sejumlah besar abu dan kepulan uap panas ke udara hingga ketinggian 3.600 meter. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Selandia Baru.

Kepolisian Selandia Baru mengatakan bahwa erupsi gunung api ini memakan korban jiwa. Kemudian, sejumlah orang dipastikan masih terjebak di pulau itu yang saat ini jumlahnya belum diketahui secara pasti.

“Saya bisa mengonfirmasi bahwa ada satu korban tewas. Ada sejumlah orang yang masih terjebak di pulau itu yang saat ini jumlahnya tidak diketahui,” kata Deputi Komisioner Kepolisian Selandia Baru, John Tims.

Dia mengaku, tim penyelamat masih belum bisa pergi ke pulau tersebut guna mengevakuasi orang yang terjebak di sana. “Pada saat ini, terlalu berbahaya bagi polisi dan petugas penyelamat untuk pergi ke pulau tersebut,” pungkasnya.

Selain korban tewas, petugas cepat tanggap pada layanan ambulans setempat, St John, menyebut ada sekitar 20 orang di White Island yang mengalami luka-luka dan perlu mendapatkan perawatan medis.