Connect with us

Olahraga

Menpora Nonton Langsung Final SEA Games U-22 Indonesia vs Vietnam

Published

on

Menpora Zainudin Amali (kanan) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajan dan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari ikut menyaksikan meriahnya acara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11) malam. [foto: dok/kemenpora.go.id]

Geosiar.com, Olahraga – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berencana menonton langsung laga final cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2019 yang menampilkan pertandingan antara Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019) malam.

“Pak Menteri, Insyaallah besok pagi sudah mendarat di Manila. Beliau akan menonton final sepak bola. Ini baru pertama kali dalam sejarah seorang menteri hadir dalam dua kesempatan SEA Games,” ujar Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto.

Kehadiran Menpora pada dua kesempatan SEA Games merupakan sejarah baru di pemerintahan. Sebab, ia sudah hadir dalam upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019). Biasanya, Menpora akan hadir pada event pembukaan SEA Games saja karena bersifat wajib. Namun kali ini, Menpora berencana datang untuk kedua kalinya.

“Biasanya menteri hadir pada upacara pembukaan saja. Kalau diizinkan oleh Presiden, berarti baru pertama kali seorang Menpora hadir pada pembukaan dan menjelang penutupan,” jelas Gatot.

Menurut Gatot, Menpora Zainudin merasa laga final Garuda Muda ini sangat spesial, ditambah lagi dengan restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyaksikan momen bersejarah tersebut, maka kesempatan itupun langsung diambilnya.

Sebagai informasi, laga final cabor sepak bola antara Timnas Indonesia U-22 melawan Vietnam di SEA Games 2019 tentu krusial lantaran menjadi puncak perjuangan selama ini. Stadion Rizal Memorial merupakan tempat terakhir medali emas diraih cabang olahraga sepak bola, pada edisi 1991. Karena itu, Tim Merah-Putih kembali bertekad untuk meraih medali emas SEA Games dalam 28 tahun terakhir.