Connect with us

Sumut

Akyar Nasution Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan Ternak Ikan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengapresiasi kepada warga Nimrot Situmeang atas pemanfaatan lahan halaman yang dimilikinya untuk membudidayakan ikan air tawar. Apresiasi yang tinggi tersebut disampaikan Akhyar saat meninjau tempat pembibitan dan pembudidayaan ikan air tawar Dosroha di Jalan Setia Budi, Gang Perbatasan, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Sabtu (7/12/2019) sore.

Beragam ikan air tawar di antaranya gurami, lele, nila, dan gabus, dibudidayakan di belasan kolam. Plt Wali Kota yang didampingi Kadis Lingkungan Syarif Armansyah dan Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis meninjau setiap kolam sambil berbincang dengan Nimrot mengenai pembibitan maupun pembudidayaan ikan air tawar tersebut.

Dikatakan Akhyar, bahwa usaha itu menunjukkan warga perkotaan juga bisa beternak ikan. Selain bisa menjadi hiburan, juga dapat menjadi ladang bisnis. ” Kita tahu wilayah perkotaan tentu tidak memiliki lahan yang luas, namun dengan pemanfaatan halaman rumah tentu akan lebih efektif dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Akhyar.

Akhyar  juga mengatakan, Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) juga melakukan pembibitan ikan air tawar. Tentunya usaha pembibitan yang warga ini secara tidak langsung menunjukkan dukungan terhadap program pembibitan ikan air tawar yang dilakukan Distanla.

“Ini dapat menjadi contoh pembudidayaan ikan air tawar ditengah kota. Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) tentu akan dengan senang hati membantu warga yang ingin memulai melakukan budidaya ikan air tawar melalui pelatihan-pelatihan dan juga melalui intensifikasi perikanan untuk mengoptimalkan hasil perikanan lahan sempit ditengah kota,” ujarnya. (lamru)

Advertisement