Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution Lepas Jalan Sehat Syariah yang Digelar AMTAS

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution menghadiri jalan sehat yang digelar Asosiasi Muslim Travel Sumatera (AMTAS) di halaman parkir Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu (8/12/2019).

Jalan sehat tersebut diwajibkan mengenakan busana Muslim. Apabila tidak mengenakan busana Muslim, terutama jilbab bagi peserta wanita, panitia langsung mendiskualifikasikannya.

Event bertajuk Jalan Santai Syariah ini dilepas Plt Wali Kota tepat pukul 07.30 WIB. Seluruh peserta selanjutnya mengikuti rute yang ditetapkan panitia dengan mengambil start di samping Masjid Raya Al Mashun-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Pandu-Jalan Brigjen Katamso dan finish kembali di samping Masjid Raya. Pelepasan dilakukan Plt Wali Kota didampingi Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Camat Medan Kota T Yudi Chairuniza dan Ketua AMTAS H Zainuddin SHi.

Akhyar sangat menyambut baik digelarnya Jalan Sehat Syariah, selain mendukung Pemko Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan rutin berolahraga. Kegiatan ini juga bernuansa religius karena seluruh peserta, terutama wanita harus menutup auratnya sehingga sangat sejalan dengan keinginan mewujudkan Medan kota religius.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih kepada AMTAS yang telah menggelar Jalan Sehat Syariah. Tidak hanya mendukung meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kegiatan ini juga membangun silaturahmi sehingga terbangun rasa kebersamaan yang cukup erat diantara kita. Dengan Kebersamaan inilah, mari kita bangun Kota Medan tercinta ini,’ kata Akhyar.

 Mantan anggota DPRD Medan itu menambahkan, Pemko Medan sangat mendukung setiap kegiatan yang sifatnya untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat gemar berolahraga. Atas dasar itulah, kata Akhyar, Pemko Medan berharap agar kegiatan yang dilakukan AMTAS ini dapat memotivasi dan me jadi spirit bagi stakeholder lainnya untuk melakukan hal yang sama.”Semoga semakin banyak dan rutin kegiatan olahraga digelar di Kota Medan, kesehatan dan kebugaran masyarakat semakin meningkat sehingga dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan baik dan lancar,” harapnya.

Antusiasme masyarakat mengikuti Jalan Sehat Syariah cukup tinggi, sebab bagi  yang beruntung diberi hadiah utama mengikuti ibadah umroh bersama AMTAS bulan depan. Kemudian kegiatan juga diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah dan layanan kesehatan  untuk masyarakat umum. Di samping itu kegiatan juga dirangkaikan dengan Tabligh Akbar bersama Al Ustadz Fadhlan Garamatan serta melakukan penggalangan infak.

Ketua AMTAS Zainuddin SHi mengatakan,  kegiatan ini digelar untuk menunjukkan bahwasannya AMTAS tidak hanya memberikan manfaat kepada anggotanya saja, tetapi juga masyarakat luas, terutama.warga Kota Medan. “Saya juga mengajak masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umrah, gunakan travel yang di bawah naungan AMTAS. Selain umrah, anggota AMTAS juga siap memfasilitasi warg yang ingin travelling kemana saja,” jelas Zainuddin. (lamru)

Advertisement

Sumut

Nurul Akhyar Ajak Jamah Pengajian Boru Lubis Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, menghadiri pengajian rutin boru lubis yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Selasa (28/1/2020). Mengenakan baju gamis berwarna putih dan hijab dengan warna senada Nurul yang saat itu juga hadir bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman .

Pengajian yang rutin digelar setiap bulannya oleh perhimpunan boru Lubis bertujuan untuk  lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus juga meningkatkan Ukhuwah Islamiyah  diantara sesama boru Lubis.

Pengajian ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Seluruh kaum ibu yang hadir mengikuti pengajian mendengarkan setiap lantunan ayat suci Al-Quran dengan penuh khidmat dan khusyuk. Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan taushiah yang disampaikan oleh Al-Ustad, Adlianshah.

Nurul dalam sambutannya mengatakan pengajian dan taushiah yang dilakukan hari ini diharapkan dapat menambah ilmu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini memberi manfaat bagi kita semua dan menambah ilmu bagi kita semua dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari khususnya dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini,” kata Nurul.

Selain pengajian, pada kesempatan itu, puluhan peserta juga diberikan botol air minum isi ulang (tumbler). Pembagian tumbler ini dikatakan Nurul Khairani Akhyar sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemko Medan dalam upaya menekan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan menggunakan tumbler ini untuk mewadahi air minum kita, diharapkan kita para ibu turut membantu program Pemko Medan yang saat ini tengah gencar-gencarnya mengurangi sampah plastik yang selama ini penyumbang paling banyak di tempat pembuangan akhir sampah,” harapnya.(lamru)

Continue Reading

Sumut

Plt Dirut PD Pasar Medan Serahkan SIPTB Gratis Kepada Pedagang Pasar Kampung Lalang

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Nasib menyerahkan 11 Surat Izin Pemakaian Tempat Berjualan (SIPTB) ke pedagang Pasar Kampung Lalang, Jalan Kelambir V Medan, Rabu (29/1/2020). Penyerahan SIPTB dilakukan secara gratis sebagai bentuk komitmen Pemko Medan untuk memberikan tempat berjualan yang representatif bagi para pedagang, sebab pedagang sudah lama tidak mendapatkan tempat berjualan yang layak.

Penyerahan SIPTB dilakukan Plt Dirut PD Pasar didampingi Direktur Operasional Gelora KP Ginting dan Direktur Administrasi dan Keuangan Osman Manalu. Selain menindaklanjuti instruksi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM selaku Ketua Badan Pengawas PD Pasar ketika memimpin apel di halaman Kantor PD Pasar, Senin (27/1/2020) lalu. Penyerahan SIPTB juga sebagai langkah awal pembenahan di perusahaan milik Pemko Medan yang menangani seluruh pasar di Kota Medan.

Prosesi penyerahan berlangsung lancar dan mendapat apresiasi dari para pedagang. Tidak hanya mendapatkan tempat untuk melakukan transaksi jual beli yang layak, para pedagang juga tidak dikenakan biaya ketika mengurus SIPTB tersebut. Dengan penyerahan SIPTB, para pedagang lainnya diharapkan dapat juga mengurus SIPTB.

“Kita berkomitmen untuk membenahi sistem kerja dan tata kelola PD Pasar Kota Medan. SIPTB ini menjadi wujud komitmen tersebut. Kenyamanan dan jaminan tempat bagi para pedagang menjadi fokus perhatian kita. Oleh karenanya, kami berpesan kepada seluruh pedagang untuk mengurus SIPTB sehingga dapat berjualan di tempat yang telah disipakan oleh Pemko Medan,’’ kata Nasib.

Terkait pengurusan dan penyerahan SIPTB, Nasib menegaskan bahwa pedagang tidak dikenai biaya apapun alias gratis. Untuk itu, Nasib berpesan kepada para pedagang yang belum memiliki SIPTB, agar segera mengurusnya. “Jika ada oknum PD Pasar yang minta biaya, segera laporkan kepada saya. Apabila terbukti, langsung ditindak. Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada biaya yang harus dibayar pedagang dalam pengurusan SIPTB,” tegasnya.

Dikatakan Nasib, pedagang lainnya harus segera mengurus SIPTB sehingga dapat berjualan di tempat yang telah disediakan, sehingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di badan jalan. Selain menyebabkan kemacetan, juga membuat kawasan sekitar terlihat jorok dan semrawut.

“Kerja sama dibutuhkan agar pasar-pasar di Kota Medan lebih baik dan tertata. Namun untuk mewujudkannya, dibutuhkan dukungan dari pedagang agar menaati peraturan yang telah ditentukan. Maka dari itu, kami himbau untuk mengurus SIPTB dan berjualanlah di tempat yang telah disediakan. Jika semua telah teratur, maka Kota Medan akan lebih tertata dan bersih,’’ bilangnya.

Sementara itu, Bambang (40), seorang pedagang daging di Pasar kampung Lalang, mengaku senang dan berterima kasih karena telah menerima SIPTB. Terutama lagi pengurusannya gratis. Oleh karenanya dia sangat mendukung langkah yang dilakukan Pemko Medan melalui Plt Dirut PD Pasar. Sebab, tujuannya demi kebaikan seluruh pedagang Pasar Kampung Lalang. “Semoga PD Pasar terus berbenah dan semakin banyak pedagang yang mengurus SIPTB-nya sehingga kesejahteraan pedagang semakin baik lagi ke depannya,’’ ujar Bambang.

Usai penyerahan SIPTB, Nasib bersama Plt Dirut Operasional dan Dirut Administrasi dan Keuangan, selanjutnya  berkeliling meninjau pasar dan berbincang dengan para pedagang. Hal ini dilakukan guna mengetahui sekaligus mendengar masukan maupun keluhan para pedagang. Semua masukan dan keluhan selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi untuk dilakukan pembenahan. (lamru).

Continue Reading

Sumut

Resmikan Perpustakaan Desa, Wabup Sergai: Ajarkan Anak Pentingnya Budaya Literasi

Published

on

Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya potong pita simbol peresmian perpustakaan desa Cahaya Ilmu dan pelayanan administrasi terpadu desa (PANTES) di Desa Tanjung Harap, Kecamatan Serbajadi, Serdang Bedagai, Selasa (28/01/2020). (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Wakil Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya meresmikan perpustakaan desa Cahaya Ilmu dan pelayanan administrasi terpadu desa (PANTES) di Desa Tanjung Harap, Kecamatan Serbajadi, Serdang Bedagai, Selasa (28/01/2020).

Darma mengatakan, Desa Tanjung Harap merupakan satu dari 121 desa yang ikut melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada akhir 2019 lalu. Oleh karenanya, mari tetap berdemokrasi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Terkait prestasi Tanjung Harap, Wabup menyampaikan Desa ini merupakan desa terbaik di Kabupaten Sergai tentang Sistem Informasi Desa (SID) sudah dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu, Wabup mengajak para Kepala Desa yang baru agar melakukan inovasi dan kreativitas sehingga program yang sudah berjalan dengan baik dapat terus ditingkatkan lagi.

Menurutnya, peresmian perpustakaan desa dan pelayanan administrasi terpadu desa merupakan sebuah inovasi membanggakan serta dapat dikatakan sebuah prestasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. 

“Untuk itu, selaku masyarakat Desa Tanjung Harap ayo ramaikan perpustakaan yang baru kita resmikan, perpustakaan merupakan ladang ilmu yang sangat penting bagi para generasi muda dan penerus bangsa,” ajak Wabup Darma.

Pada era Industri 4.0 ini, lanjutnya, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Untuk memperoleh informasi sangat mudah didapat, apa yang diinginkan semua dapat diketahui dengan mudah melalui media sosial. Namun, dengan semakin mudahnya semua jenis informasi untuk didapatkan, Darma menegaskan tidak boleh melupakan begitu pentingnya budaya literasi dikalangan generasi penerus bangsa.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun sekolah-sekolah yang ada di Desa Tanjung Harap agar membawa anak-anaknya datang ke perpustakaan desa ini. Mari kita ajarkan kepada anak kita, betapa pentingnya budaya literasi atau budaya baca saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Harap Darmawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir khususnya kepada Wabup Sergai yang telah meresmikan Perpustakaan Desa Cahaya Ilmu dan Pelayanan Administrasi Terpadu Desa. 

“Kepada seluruh masyarakat, marilah kita ramaikan perpustakaan yang baru diresmikan ini, mengingat begitu pentingnya budaya membaca di masyarakat,” ujarnya.

Usai dilakukannya peresmian, Wabup Sergai H Darma Wijaya bersama Camat Serbajadi Kahar Effendi dan Kepala Desa Tanjung Harap Darmawan ikut bersantai sambil membaca buku yang tersedia di perpustakaan desa.

Acara tersebut dihadiri Danramil 18 Galang Kapten Inf. Noor Rosid, Kades Tanjung Harap Darmawan, tokoh agama dan masyarakat serta Kepala Desa se-Kecamatan Serbajadi.(art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com