Connect with us

Dunia

Jadi Bahan Gosip, Trump Sebut PM Kanada Bermuka Dua

Published

on

Trump Sebut PM Kanada Bermuka Dua (Reuters)

Geosiar.com, – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Rabu (4/12/2019) menyebut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bermuka dua. Hal tersebut dikatakan setelah Trudeau tertangkap kamera diduga sedang mengolok-olok kehadiran Trump di pertemuan tinggi NATO di Inggris.

Perdana Menteri Trudeau tampak terekam tengah berada di acara resepsi KTT NATO di Istana Buckingham, Inggris pada Selasa sore (3/12/2019). Dia menggambarkan dalam sebuah acara konferensi pers, para pejabat tinggi Amerika Serikat cukup kaget dengan kinerja Trump.

Pembicaraan antara Trudeau, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Anne putri Ratu Elizabeth II, terekam.

“Apakah karena itu Anda terlambat?,” kata PM Johnson bertanya kepada Presiden Macron.

“Acara konferensi pers itu berlangsung selama 40 menit. Ya, Saya melihat timnya (Trump) terkejut,” jawab Trudeau.

Merespon ucapan Trudeau itu, Trump langsung menyebutnya bermuka dua. Ia menduga Trudeau kecewa lantaran Trump sempat menantang Trudeau, akan tetapi ia gagal memenuhi target Trump menghabiskan 2 persen dari output nasional untuk pengeluaran sektor pertahanan.

“Dia bermuka dua. Saya dulu melihat dia sebagai orang yang baik, namun kenyataannya saya pernah menyerukan padanya fakta dia tidak membayar 2 persen pajak dan saya bisa melihat dia tidak suka,” tutur Trump.

Trudeau tidak mau perang kata-kata dengan Trump. Pada konferensi pers terakhir KTT NATO, Trudeau mengatakan dia dan Trump menjalani pertemuan NATO dengan baik.