Connect with us

Sumut

Satreskrim Polsek Medan Area Amankan 2 Pelaku Jambret

Published

on

Kedua pelaku jambret yaitu Fajar Ramadhan (17) dan Ariady (18) diamankan di Mapolsek Medan Area. [Foto: dok. Geosiar.com]

Geosiar.com, Medan – Polsek Medan Area mengamankan 2 (dua) orang laki-laki diduga melakukan tindak pidana penjambretan di Jalan AR Hakim Simpang Suka Ramai, Kelurahan Tegal Sari Mandala I, Kecamatan Medan Area, Selasa (3/12/2019) malam.

Penangkapan itu ditangani oleh personel Satreskrim Polsek Medan Area Aiptu Yaqub Sitorus, Aiptu C. Rudi Siahaan, dan Briptu Surya Dhinata. Adapun identitas kedua tersangka yaitu Fajar Ramadhan (17) dan Ariady (18). Keduanya merupakan pelajar yang tinggal di Jalan Bandar Setia Gg Swadaya 1.

Berdasarkan kronologi kejadian, korban atas nama Suken Wirayuda Putra Sinaga (18) warga Jalan Perumnas Mandala Pipit 7 No. 45, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Percut Sei Tuan, hendak membeli buku gambar di Jalan HM Joni sekitar pukul 19.30 WIB.

“Ketika hendak pulang sehabis beli buku gambar, sekira pukul 20.00 WIB, korban dipepet oleh empat orang berboncengan menggunakan dua sepeda motor Honda Beat dan Yamaha Vixion di Jl AR Hakim depan SPBU. Korban disuruh berhenti dan sempat melawan orang tersebut,” kata petugas Satreskrim Polsek Medan Area, Aiptu Yaqub Sitorus saat dikonfirmasi, Rabu (4/12/2019).

Tak senang dengan ucapan korban, salah satu pelaku balik menantang korban untuk adu jotos di simpang Jalan AR Hakim. Korban yang tidak ingin menanggapi pelaku terus melajukan motornya, namun para pelaku tetap mengikuti di belakang. Setibanya di pasar Suka Ramai, tersangka kembali memepet motor korban sambil menantang adu jotos.

“Tersangka memepet korban dan berkata ‘udah main aja kita yok.. lalu korban bilang kau yang salah gak usah sok kali’. Korban pun melanjutkan perjalanannya tapi tiba-tiba salah seorang pelaku merampas HP dari tangan korban,” lanjutnya.

Secara spontan korban langsung berteriak “jambret” yang membuat keempat pelaku berpencar, pemotor Honda Beat yang mengambil HP melaju ke arah Jalan Asia mega dan pemotor Vixion melaju lurus ke arah Aksara. Namun, pelaku yang mengendarai motor Honda Beat menabrak pengendara sepeda motor lain, dan akhirnya membuat keduanya berhasil diringkus warga yang melintas, termasuk korban.

“Kemudian piket 7.0 mendapat informasi tersebut lalu segera turun ke lokasi dan akhirnya membawa  kedua pelaku beserta korban ke Mapolsek Medan Area untuk membuat laporan,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku disangkakan pasal 363 KUHP. Sementara itu, polisi berhasil menyit satu unit HP merek Oppo A37 dan satu unit sepeda motor Honda Beat milik pelaku.