Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Suara Gerejawi

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) I Kota Medan Tahun 2019. Penyerahan ini diberikan pada malam puncak Pesparawi di Danau Toba Convention Center, Jalan Imam Bonjol Medan, Sabtu (30/11/2019) malam. Selain menyerahkan hadiah, Plt Wali Kota juga sekaligus menutup secara resmi kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari.

 Kegiatan yang digelar Lembaga Pengembangan  Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Kota Medan didukung Pemko Medan serta Kementrian Agama (Kemenag) Kota Medan ini merupakan lomba paduan suara antar gereja di Kota Medan. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi sarana mempererat silaturahmi antar umat Kristiani di Kota Medan meski berasal dari berbagai gereja yang berbeda.

Plt Wali Kota dalam sambutannya mengatakan Pemko Medan menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Pesparawi I Kota Medan. Hal ini ungkapnya menjadi wujud kebersamaan dan kekompakaan umat Kristiani meski berasal dari gereja yang berbeda-beda. “Kebersamaan dan kebahagiaan malam ini menjadi manifestasi kita bersama sekaligus menunjukkan Kota Medan sebagai kota yang humanis,” kata Wali Kota di hadapan ribuan umat Kristiani yang hadir.

Selanjutnya, didampingi Kadis Ketenagakerjaan Hannalore Simanjuntak dan Kabag Agama Setdako Medan Adlan, Plt Wali Kota mengungkapkan bahwa Pesparawi menjadi representasi bahwa setiap umat beragama di Kota Medan memiliki hak yang sama untuk melaksanakan ibadah dan merayakan hari besar keagamaan masing-masing dengan aman dan nyaman. Sebab, Kota Medan merupakan rumah bagi siapa saja tanpa memandang suku dan agama.

“Setiap warga dapat dan berhak menggelar, merayakan dan melaksanakan kegiatan keagamaannya masing-masing. Kita semua adalah keluarga besar yang bernaung dalam satu atap rumah yakni Medan Rumah Kita. Apalagi dalam waktu dekat Pemko Medan akan menggelar Christmast Season (3/12) dan Ouikumene (10/12). Untuk itu kepada seluruh umat Kristiani ayok ramaikan perayaan tersebut,” ajaknya.

Sebelumnya, Ketua LPPD Kota Medan Anton Panggabean dalam laporannya mengungkapkan bahwa Pesparawi 2019 ini merupakan perlombaan paduan suara pertama yang digelar di Kota Medan. Tercatat, sebanyak 1.306 peserta dari 89 gereja ikut andil dalam kegiatan tersebut dengan sejumlah kategori yang diperlombakan diantaranya solo anak usia 7-9 tahun dan 10-13 tahun. Selain itu solo remaja dan dewasa serta vokal grup. (lamru)

Advertisement

Sumut

Akhyar Nasution Ajak IKANAS Terus Jalin Silaturahmi dan Ukhuwa Islamiah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution hadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 144 H yang digelar keluarga besar Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Sumut di jalan STM Suka Indah, Minggu (8/12/2019). Kehadiran Akhyar disambut hangat para tokoh Nasution itu.

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini diawali dengan lantunan ayat suci Al Quran, para tamu undangan pun mendengarkan lantunan tersebut yang begitu merdu. Melalui acara ini diharapkan dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara seluruh keluarga IKANAS Sumut.

Selain Akhyar Nasution, acara Maulid itu juga dihadiri Ketua Dewan Penasehat IKANAS Sumut H Pandapotan Nasution, Sekjen DPD IKANAS Sumut H Ahmad Raja Nasution, Ketua IKANAS Kota Medan Sahlan Jukri Nasution, Al Ustadz H Aidil Mukgaidir Ritonga, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama, serta seluruh Keluarga Besar IKANAS Sumut.

Dalam sambutannya Akhyar mengatakan, mengajak untuk kuatkan tekad dalam hati untuk senantiasa mencintai sosok Rasulullah sebagai sang teladan yang utama. Mari terus berusaha agar mampu menjadi salah satu insan terbaik yang senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan Syafaat Rasulllah di akhirat kelak.

“Peringatan Maulid ini sebagai wadah silaturahmi diantara kita, karena itu mari kita terus menjaga silaturahmi dan ukhuwa islamiah diantara kita semua,” ajak Akhyar.

Dalam kesempatan itu Akhyar juga mengharapkan dukungan agar dapat menjalankan tugas-tugas Pemerintahan dengan baik. “Kepada seluruh pengurus IKANAS, saya mengharapkan dukungan dan masukan sehingga saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” harap Akhyar.

Sementara itu Wagubsu, Musa Rajekshah mengatakan marga Nasution merupakan marga yang tersebar di banyak daerah untuk itulah semoga IKANAS kedepanya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Sumut.

Sebelumnya Wakil Ketua DPD IKANAS Sumut, Ricki Prananda mengharapkan melalui Maulid Nabi Muhammad SAW ini seluruh pengurus IKANAS dapar meneladani sikap Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli

Published

on

Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019).

Geosiar.com, Sergai – Ratusan parholado beserta keluarga dan para pendeta merayakan Perayaan Advent Parholado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli di gereja HKBP Resort Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai, Minggu (8/12/2019) pukul 14.00 WIB.

Acara perayaan Advent itu dihadiri oleh Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli Pdt Pantun Silitonga, S.Th, M.Sc, seluruh  Pendeta Resort HKBP dan Pendeta fungsional se-Distrik XIV, serta para Bibelvrow, Diakonis, parhalado/fulltimer, dan seluruh keluarga pendeta dan parhalado se-Distrik XIV.

Acara ini dilaksanakan untuk menyongsong kelahiran Yesus Kristus yang kedua kalinya, dengan mengambil tema “Sesungguhnya, Tuhan Allah Menolong Aku”. Votum dan liturgi, persembahan lagu puji-pujian serta koor setiap gereja pun turut memeriahkan perayaan ini.

Pendeta Resort Pematang Terang, Pdt Wissel Siregar M.Th, selaku tuan rumah dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur atas terlaksananya perayaan Advent Parhalado HKBP se-Distrik XIV Tebing Tinggi Deli tersebut. 

“Selamat Advent bagi kita semua. Mari bersuka cita melalui perayaan ini,” sambutnya.

Sementara itu, Preases HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli, Pdt. Pantun Silitonga S.Th, M.Sc dalam khotbahnya yang dikutip dari Jesaya 50 : 4-9 mengatakan bahwa kecepatan pelayanan para Parhalado sangat dibutuhkan untuk menentukan perjalanan gereja ke depannya.

“Seorang Parhalado/Sintua dalam gereja harus mampu melayani anggota jemaat gereja dan menjadi panutan. Ia diberi hak untuk memberitakan injil akan tetapi dia harus berkumpul dan bermusyawarah dengan sintua lain dalam suatu sesi yang disebut sermon, di mana dibahas tentang apa yang akan dikhotbahkannya dalam suatu kebaktian di gereja,” sebut Preases. 

Di penghujung khotbahnya, Preses mengingatkan kepada seluruh jemaat yang hadir bahwa sebagai makhluk sosial harus mau mendengar, berempati dan peduli kepada keprihatinan-keprihatinan yang dialami oleh sesama jemaat. 

Sebagai informasi, Distrik XIV Tebing Tinggi terdiri dari 25 HKBP Resort di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Batu Bara serta Kota Madya Tebing Tinggi. (art)

Continue Reading

Sumut

Akyar Nasution Dorong Warga Manfaatkan Pekarangan Ternak Ikan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengapresiasi kepada warga Nimrot Situmeang atas pemanfaatan lahan halaman yang dimilikinya untuk membudidayakan ikan air tawar. Apresiasi yang tinggi tersebut disampaikan Akhyar saat meninjau tempat pembibitan dan pembudidayaan ikan air tawar Dosroha di Jalan Setia Budi, Gang Perbatasan, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Sabtu (7/12/2019) sore.

Beragam ikan air tawar di antaranya gurami, lele, nila, dan gabus, dibudidayakan di belasan kolam. Plt Wali Kota yang didampingi Kadis Lingkungan Syarif Armansyah dan Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis meninjau setiap kolam sambil berbincang dengan Nimrot mengenai pembibitan maupun pembudidayaan ikan air tawar tersebut.

Dikatakan Akhyar, bahwa usaha itu menunjukkan warga perkotaan juga bisa beternak ikan. Selain bisa menjadi hiburan, juga dapat menjadi ladang bisnis. ” Kita tahu wilayah perkotaan tentu tidak memiliki lahan yang luas, namun dengan pemanfaatan halaman rumah tentu akan lebih efektif dalam meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Akhyar.

Akhyar  juga mengatakan, Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) juga melakukan pembibitan ikan air tawar. Tentunya usaha pembibitan yang warga ini secara tidak langsung menunjukkan dukungan terhadap program pembibitan ikan air tawar yang dilakukan Distanla.

“Ini dapat menjadi contoh pembudidayaan ikan air tawar ditengah kota. Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) tentu akan dengan senang hati membantu warga yang ingin memulai melakukan budidaya ikan air tawar melalui pelatihan-pelatihan dan juga melalui intensifikasi perikanan untuk mengoptimalkan hasil perikanan lahan sempit ditengah kota,” ujarnya. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com