Connect with us

Nasional

Dua Korban Ledakan di Monas Merupakan Prajurit TNI

Published

on

Kedua korban ledakan granat asap di bagian sisi utara Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (3/12/2019) pagi. [Foto: dok. istimewa]

Geosiar.com, Jakarta – Dua orang prajurit TNI menjadi korban dalam peristiwa ledakan granat asap di bagian sisi utara Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (3/12/2019) pagi. Adapun identitas kedua korban yakni Sersan Kepala (Serka) Fajar dan Prajurit Kepala (Praka) Gunawan.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono mengungkapkan bahwa kedua korban merupakan anggota Garnisun Tetap (Gartap) 1/Jkt yang sedang melaksanakan olahraga rutin di Monas.

“Korban Atas nama Serka Fajar mengalami luka yang parah di tangan kiri. Kemungkinan saat memegang granat asap dia menggunakan tangan kiri,” tutur Eko dalam rilis pers di Monas, Selasa (3/12/2019).

Kondisi Serka Fajar, lanjut Eko, dalam keadaan sadar dan saat ini lagi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Sementara itu, korban kedua bernama Praka Gunawan mengalami luka di bagian paha. Luka yang dialami Praka lebih ringan dibanding Serka, dan ia yang meminta pertolongan ketika peristiwa terjadi.

“Kedua yaitu lebih ringan kena bagian paha saja. Dia yang minta bantuan ke teman-teman lain, atas nama Praka Gunawan. Saat ini kedua korban masih dirawat di RSPAD Gatot Subroto masih dalam proses penyembuhan,” lanjutnya.

Ledakan yang terjadi sekira pukul 07.15 WIB ini masih dalam penyelidikan aparat keamanan. Tim penjinak bahan peledak (jihandak) dan tim penjinak bom (jibom) pun telah diterjunkan guna melakukan olah TKP.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa ledakan ini belum mengindikasikan adanya aksi terorisme, sebab ledakan tersebut berasal dari granat asap, bukan bom. Meski begitu, polisi masih terus mendalami peristiwa ini.