Connect with us

Sumut

Diduga Menyelewengkan Dana Desa, Warga Sialang Buah Demo Kantor DPRD Sergai

Published

on

Forum Masyarakat Sialang Buah Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Serdang Bedagai (Sergai), Sei Rampah, Senin (2/12/2019). [Foto: art/Geosiar.com]

Geosiar.com, Sergai – Puluhan warga Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, yang tergabung dalam Forum Masyarakat Sialang Buah Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Serdang Bedagai (Sergai), Sei Rampah, Senin (2/12/2019).

Pendemo terlihat membawa sejumlah poster bertuliskan “Usut Tuntas Dana Desa Kami”, “Transparansikan Sistem Keuangan Desa dan Kinerja Pemerintah Desa”, “Fungsikan Kinerja BPD” dan usut dugaan mark up pembangunan saluran irigasi tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019 serta lainnya.

Dalam orasinya, Koordinator aksi, Muhammad Yusuf Simanjuntak mengatakan bahwa masyarakat mempertanyakan realisasi penggunaan dana desa dan alasan tidak adanya transparansi anggaran dana desa, dugaan mark up sejumlah pembangunan yang keseluruhannya tidak melibatkan masyarakat dalam pengerjaan/swakelola, tidak difungsikannya BPD, serta banyak program pemerintah Desa Sialang Buah yang dinilai tidak tepat sasaran.

“Kami minta inspektorat mengaudit anggaran dana Desa Sialang Buah Tahun 2017, 2018 dan 2019 serta kepada DPRD Sergai, kami mohon dengarkan aspirasi ini agar segera ditindaklanjuti,” seru Muhammad Yusuf Simanjuntak dalam orasinya.

Perwakilan DPRD Sergai menerima aspirasi massa pendemo.

Ketua sementara DPRD Sergai, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE didampingi Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, serta sejumlah anggota DPRD mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sialang Buah yang telah datang untuk menyampaikan segala aspirasi dengan tertib dan kondusif.

“Kami siap menampung aspirasi saudara sekalian, apapun itu akan kami perjuangkan sesuai regulasi dan mekanismenya,” sebut Riski Ramadhan menyambut aspirasi pendemo.

Menanggapi aksi ini, DPRD Sergai juga menegaskan agar Inspektorat membentuk Irban Khusus guna memproses sesegera mungkin yang menjadi tuntutan massa pendemo. Dalam kesempatan itu, Irban IV Inspektorat Sergai Adi Ma’rif juga mengaku akan segera memanggil perwakilan masyarakat Sialang Buah selaku pelapor untuk melengkapi bukti dan berkas pendukung soal dugaan yang menjadi tuntutan tersebut.

Setelah mendapat tanggapan, massa pendemo membubarkan diri dengan tertib dan aman, serta menyatakan membatalkan melakukan aksi selanjutnya ke kantor Bupati Sergai. (art)