Connect with us

Sumut

Bupati Sergai Gowes Bareng Jajaran Dinas Pendidikan di HUT PGRI

Published

on

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman gowes bareng jajaran Dinas Pendidikan dalam rangka HUT PGRI ke-74, Senin (2/12/2019). [Foto: art/Geosiar.com]

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan beserta seluruh jajaran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Sergai atas terlaksananya kegiatan Sepeda Santai dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke-74, Senin (2/12/2019).

“Kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat kita semua agar lebih sehat dan jika sudah sehat, maka dalam mengajar anak didik akan lebih semangat. Olahraga ini sehat dan mestinya kita biasakan sebab ini bentuk demokrasi yang sejati adalah bersepeda. Dengan bersepeda, semuanya mengayuh bersama untuk sampai pada tujuan atau garis finish, tidak ada perbedaan kedudukan atau jabatan,” ujar Soekirman saat memberikan kata sambutan di halaman kantor Dinas Pendidikan Sergai, Senin (2/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Soekirman juga menuntut agar guru lebih kreatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan slogan “Pendidikan Serdang Bedagai, Inovatif!”. Kemudian, Bupati juga menyampaikan berita baik sebagai hadiah untuk para guru.

“Stasiun Kereta Api Sei Rampah telah dibuka kembali untuk mengangkut penumpang. Hari ini Bupati Sergai bersama Forkopimda dan guru-guru melepas penumpang pertama yang naik dari Stasiun Sei Rampah menuju Medan. Hal ini adalah kemajuan yang luar biasa terkait MoU dengan PT KAI dalam rangka meningkatkan pariwisata kita yang nantinya akan dapat kita manfaatkan agar suatu hari nanti kita bersama guru-guru untuk bertamasya dengan menggunakan transportasi kereta api yang murah dan nyaman ini,” jelasnya.

Di penghujung sambutannya, Soekirman mengucapkan selamat serta segenap harapan bagi para guru se-Sergai. “Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Guru, selalu semangat dan terus berinovasi serta bersilaturahmi, karena tanpa guru, kami bukan apa-apa.” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, M.M dalam laporan kegiatannya menyebut peserta kegiatan berjumlah 867 orang yang terdiri dari unsur Forkopimda, Dinas Pendidikan, Pengawas, Korwil, Kepala Sekolah SD/SMP, Guru, Siswa SD/SMP, stakeholder dan para undangan lainnya.

“Rute sepeda santai hari ini dimulai dari Kantor Dinas Pendidikan, Simpang Bedagai, Sei Rejo dan finis di Kantor Dinas Pendidikan Sergai dengan jarak tempuh lebih kurang 15 kilometer. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Guru Tahun 2019 dan HUT PGRI ke-74 ini antara lain pertandingan bola voli satu hari penuh yang diikuti oleh guru-guru SD dan SMP se-Sergai,” jelas Joni.

Selain untuk berolahraga, tambah Joni, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai sarana refreshing. Kegiatan sepeda santai atau gowes ini lebih dikhususkan untuk kebersamaan dengan motivasi menghilangkan penat mengajar para guru, di mana orientasi kegiatan ini adalah dalam rangka HUT PGRI. Joni mengungkapkan bahwa seluruh pembiayaan kegiatan ini murni berasal dari swadaya guru-guru PGRI Sergai tanpa menggunakan APBD di dalamnya.

“Terima kasih kepada guru-guru, mari kita jadikan ajang ini sebagai sarana silaturahmi para guru dari seluruh penjuru Sergai yang awalnya belum kenal diharapkan saling mengenal dan lebih akrab lagi ikatan silaturahminya,” lanjut Joni.

Sebagai informasi, saat ini seluruh sekolah di Sergai sedang giat-giatnya membenahi sekolah karena ada penilaian dalam rangka persiapan pelaksanaan Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Kabupaten Sergai Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 6 Desember 2019. Acara ini digelar sebagai bukti puncak inovasi dari masing-masing sekolah yang dibenahi.

“Setelah kita galakkan Gerakan Green, Clean and Life (GCL) dan Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah), kita patut berbangga dengan prestasi pendidikan Sergai antara lain SMP Negeri 1 Pantai Cermin yang meraih prestasi Sekolah Sehat Tingkat Sumut. Kemudian SD Pegajahan dan TK Percontohan Perbaungan meraih prestasi peringkat II Sekolah Sehat Tingkat Provsu Tahun 2019,” pungkasnya.

Kegiatan gowes ini juga dihadiri Wakapolres Sergai Kompol Gunawan Hery Sudarto, Kadis Pora Parbud Sudarno, S.Sos, Pimpinan Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, para pengawas, Korwil Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah SD/SMP, serta ratusan peserta yang berasal dari unsur Guru, Siswa SD/SMP, perwakilan BNN Sergai serta para jurnalis. (art)