Connect with us

Dunia

Demonstran Hong Kong Ucapkan Terima Kasih pada AS

Published

on

Demonstrasi di Hong Kong

Geosiar.com, Hong Kong – Para demonstran pro-demokrasi Hong Kong berterima kasih atas dukungan Amerika Serikat (AS) untuk gerakan mereka. Sikap tersebut ditunjukkan dalam salah satu dari tiga unjuk rasa anti-pemerintah yang berlangsung di tempat terpisah di Hong Kong, Minggu (1/12/2019).

Demonstran pro-demokrasi Hong Kong melakukan tekanan terhadap pemerintah dengan mengadakan tiga demonstrasi terpisah di seluruh kota. Di salah satu lokasi, ratusan orang, termasuk para manula membawa bendera AS, saat mereka berbaris ke konsulat Amerika Serikat untuk menyatakan terima kasih atas undang-undang yang bertujuan melindungi hak asasi manusia di Hong Kong yang ditandatangani Presiden AS Donald Trump.

Sejumlah demontran tampak mengenakan topi dan T-shirt bergambar logo Trump. Sejumlah pengunjuk rasa lainnya juga terlihat membentangkan spanduk yang menggambarkan presiden AS berdiri mengangkangi tank dengan bendera AS di belakangnya. Spanduk lain bertuliskan: “Presiden Trump, tolong bebaskan Hong Kong”.

“Terima kasih, Presiden Trump, untuk hadiah besar Anda ke Hong Kong dan Tuhan memberkati Amerika,” teriak pembicara yang memegang mikrofon saat ia berbicara kepada orang banyak di awal aksi demo.

Seperti dilansir Al Jazeera, aksi demonstrasi di Kowloon dimulai di terminal Star Ferry dan berakhir di dekat Universitas Politeknik. Sebelumnya di akhir pekan lalu, ratusan demonstran, termasuk sejumlah keluarga dengan anak-anak mereka, berbaris di jalan-jalan Hong Kong untuk memprotes penggunaan gas air mata oleh polisi.

Selain membawa balon kuning, para demonstran juga mengibarkan spanduk bertuliskan: “Tidak ada gas air mata, selamatkan anak-anak kita”. Para demonstran berjalan melalui distrik pusat bisnis kota menuju markas pemerintah di pulau utama Hong Kong.