Connect with us

Lifestyle

Bermasalah dengan Flek Hitam? Berikut 3 Cara Menghilangkannya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ketika beberapa area kulit memproduksi melanin secara berlebihan maka kulit akan  mengalami hiperpigmentasia atau flek hitam.  Hal ini terjadi karena paparan sinar matahari, usia, atau lebih umum dari peradangan kulit sebelumnya. 

Bintik gelap sebenarnya tak perlu dikhawatirkan dan diobati. Nah, berikut beberapa perawatan untuk menghilangkan flek pada kulit.

1. Perawatan medis

Ketika Anda datang ke dokter kulit, dokter mungkin akan menawarkan perawatan krim atau perawatan.  Tujuan adalah untuk mencerahkan area kulit yang lebih gelap atau mungkin menghilangkannya sepenuhnya.

Perawatan di klinik jauh lebih mahal daripada krim dan lebih cenderung menyebabkan efek samping.  Tetapi, mereka dapat membawa hasil yang lebih cepat dan lebih signifikan.  Perawatan-perawatan yang sering digunakan adalah laser, mikrodermabrasi, pengelupasan kimia, cryotherapy.

Perlu diperhatikan bahwa perawatan ini hanya dilakukan di pusat medis tepercaya dan oleh dokter yang berkualifikasi. Perawatan kulit yang baik setelah perawatan di klinik kecantikan sangatlah penting untuk mengurangi efek samping.

Untuk krimnya disesuaikan dengan ukuran dan penyebab flek hitam di kulit, Anda  dapat menggunakan krim pemutih kulit yang diresepkan.  Krim ini dapat mencerahkan area kulit yang lebih gelap dan mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata.

Tetapi, Anda mungkin butuh beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun agar flek gelap memudar.

2. Perawatan rumahan

Daripada pergi ke klinik, banyak orang menemukan pengobatan rumah yang efektif untuk menghilangkan flek hitam pada kulit mereka.

Beberapa orang meyakini bahwa solusi alami bisa menghilangkan bintik-bintik hitam dengan efektif pada kulit.  Obat yang paling sering digunakan antara lain: jus kentang, lidah buaya, jus lemon, minyak kelapa.

Akan tetapi, tidak ada bukti bahwa perawatan alami ini dapat menghilangkan bintik-bintik  hitam pada kulit.  Beberapa dari mereka bahkan dapat mengakibatkan masalah kulit jika terlalu sering digunakan. Namun jika orang menggunakannya dengan hemat, mereka mungkin merupakan tambahan yang baik untuk perawatan lain.

3. Krim tanpa resep

Tidak sekuat krim dari resep dokter, krim yang dijual bebas dapat bekerja dengan beberapa jenis bercak hitam tertentu.

Krim dan serum mengandung bahan pencerah yang efektif bisa  mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata.  Krim tersebut mungkin mempercepat pengelupasan kulit serta mempercepat pertumbuhan kulit baru.  Vitamin C yang terdapat pada krim dapat melindungi dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dan juga mengurangi pembentukan melanin.

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Apel Bisa Atasi Migrain

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apel merupakan salah satu buah yang umum dimakan setiap orang, aromanya yang khas dengan kesan segar dan manis yang menyenangkan di hidung.

Saat membeli buah apel, beberapa orang suka mencium baunya yang khas dan segar, namun tahukah Anda bahwa ternyata kegiatan sederhana mencium bau apel ini ternyata mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh? Bahkan jika kamu tidak memakan apel tersebut.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang dimuat dalam Smell and Taste menemukan bahwa mencium aroma buah apel kemungkinan bisa meredakan sakit kepala hingga migrain.

Aroma segar buah apel direspon sebagai aroma yang mampu memberi efek relaksasi oleh otak sehingga mampu melepaskan hormon yang mampu membuat saraf rileks. Karena inilah bau apel mampu mengurangi gejala hingga rasa nyeri karena migrain.

Sementara penelitian lain yang menggunakan buah apel hijau untuk bahan penelitian menemukan bahwa aroma buah apel hijau bisa membantu mengendalikan perasaan cemas dan gelisah di kala menghadapi momen yang menegangkan dan menyebabkan stres.

Walau terkesan sepele, menghirup aroma buah apel sebelum membeli atau memakannya ternyata memiliki manfaat di luar dugaan ya.

Continue Reading

Lifestyle

Tulisan Tangan Jelek? Jangan Minder, Ini Kelebihanmu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ternyata, tulisan tangan dapat mengungkap kepribadian dan karakter seseorang. Bahkan kita juga bisa mengungkap potensi atau kelebihan yang dimiliki jika dilihat dari tulisan tangan kita.

Bagi orang-orang yang tulisan tangannya jelek atau sering diledek memiliki tulisan tangan seperti cakar ayam, tak perlu minder.

Orang yang mempunyai tulisan tangan jelek ternyata memiliki beberapa kelebihan. Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, karakter positifnya dapat dilihat dari tulisan tangannya. Di balik tulisan tangan kita yang jelek, ada kelebihan yang dimiliki diri kita.

Independen dalam Berpikir

Kelebihan yang pertama yakni independen dalam berpikir. Kurang suka diatur atau dituntut untuk memenuhi standar orang lain. Lebih suka mengikuti apa yang diinginkan daripada menuruti semua keinginan orang lain.

Berjiwa Kreatif

Tulisan tangan yang jelek juga sering dinilai eksentrik. Tak hanya itu, orang yang tulisan tangannya jelek umumnya punya jiwa kreativitas yang tinggi. Sisi kreatif ini bisa terus digali dan diasah.

Cerdas

Tulisan tangan yang jelek dan berantakan bisa jadi tanda kecerdasan yang tinggi. Otak kita berpikir lebih cepat dari kemampuan tangan kita menuliskan dan menuangkan semua isi pikiran kita. Potensi ini bisa terus diasah dan dikembangkan untuk menjadi pribadi yang lebih cerdas.

Info ini menjadi salah satu referensi yang sekiranya bermanfaat untuk membuat kita lebih semangat dalam menggali kelebihan yang ada dalam diri kita.

Continue Reading

Lifestyle

Kerpibadian Penyuka Es Krim Banyak Toping, Agresif dan Menarik

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Di gerai-gerai penjual es krim sering kali kita dapati pilihan toping yang dapat ditaburkan di atas es krim atau mungkin ada jenis es krim yang telah dicampur dengan chocochips atau kacang giling.

Dari banyaknya macam varian es krim, ada juga jenis orang-orang yang menyukai es krim rasa cokelat dengan banyak toping.

Menurut penelitian Dr. Alan Hirsch, founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation untuk Baskin Robbins, ia menemukan bahwa orang yang menjadikan es krim jenis ini sebagai favorit ternyata memiliki kepribadian yang agresif dan menarik, tetapi bisa menjadi pendengar yang baik.

Hasil penelitian lainnya dari brand es krim Dreyer’s/Edy’s menyebutkan bahwa penyuka es krim dengan banyak campuan toping merupakan tipe yang goal-oriented, ia punya tujuan hidup yang sudah ditentukan dan ingin diraihnya. Tidak heran jika mereka mudah mendapatkan kesuksesan.

Namun sayang, sifat agresifnya cenderung menyakiti perasan orang-orang di sekitarnya sehingga ia harus lebih peka dengan sekitarnya.

Jadi seperti itulah kepribadian orang-orang yang menyukai es krim topingnya banyak.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com