Connect with us

Sumut

Maksimalkan Pelayanan P2K, Pemko Medan Tambah 3 UPT Tahun 2020

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution memastikan Tahun 2020 akan menambah 3 cabang Unit Pelayanan Tetap (UPT) yang tersebar di kota Medan. Kantor UPT Penanggulangan Pemadan Kebarakaran (P2K) itu nanti dijadikan tempat mangkal mobil tangki pemadam berikut bangunan Tandon (tempat penyimpanan stok suplay air) yang memadai.

“Tahun 2020 sudah kita anggarkan pembangunan 3 UPT. Mudah mudahan berjalan seauai rencana,” ujar Akhyar Nasution kepada wartawan beberapa hari lalu saat meninjau UPT P2K cabang Amplas.

Dikatakan Akhyar, dengan terealisasinya pembangunan UPT dipastikan akan dapat memaksimalkan pelayanan pemadaman jika terjadi kebakaran di kota Medan.

“Begitu ada informasi kebakaran di Medan, kita pastikan sekitar 10 menit, petugas dan mobil pemadam kebakaran sampai di tujuan. Maka kita atur jarak atau tata letak yang strategis tempat bangunan 3 UPT nanti. Nanti, dimana saja terjadi kebakaran cepat teratasi,” terang Akhyar Nasution.

Sebagaimana yang disampaikan Kadis P2K Kota Medan Albon Sidauruk kepada Geosiar.com, saat ini selain kantor induk P2K di Jl Borobudur Medan. Terdapat 3 UPT kantor cabang P2K yakni di Medan Amplas, KIM dan Belawan.

Sedangkan di kantor induk P2K Jl Borobudur, memiliki Tandon berkapasitas penyimpanan volume air sebesar 102 ton. Sementara di Amplas hanya 30 ton dan di KIM 30 ton. Untuk yang di Medan Belawan tidak ada penyimpanan air karena masih numpang di kantor Camat.

Maka dengan adanya penambahan 3 unit UPT sehingga jumlah UPT di Medan menjadi 6 unit selain kantor induk di Jl Borobudur Medan. Dipastikan dengan penambahan UPT P2K diyakini dapat memaksimalkan pemadaman kebakaran di kota Medan.

Ditambahkan Albon, saat ini jumlah armada sebanyak 35 unit, dr sisi jumlah sudah memadai. Namun untuk memenuhi SPM Permendagri no 114 thn 2018, dibutuhkan penyebaran UPT agar tercapai Respontime maksimum 15 menit sampai ke tempat kejadian.

Ke depan ke 3 UPT iru idealnya di Kec. Tuntungan, di Kec Tembung dan di Kec. Helvetia. Jika ini sudah terbangun, respontimenya bisa dibawah 10 menit. (lamru).

Advertisement