Connect with us

Lifestyle

Hindari Hal Ini Kalau Ingin Hidup Mapan!

Published

on

Ilustrasi.

Geosiar. com, Lifestyle – Setelah bekerja keras, seseorang tentu ingin menikmati hasilnya. Misalnya menjadi seorang berkecukupan dengan sejumlah kebutuhan mendasar dan kebutuhan penunjang pada saat ini maupun di masa mendatang. Itulah kondisi seseorang bisa disebut kaya.

Namun, masih banyak orang belum mapan meski sudah punya pekerjaan tetap, rutin dapat bonus dari kantor. Kalau iya, mungkin kamu harus menyimak alasan-alasan di bawah ini mengenai kenapa orang gagal membangun hidup yang mapan.

Kurang menabung

Rata-rata, penduduk Indonesia hanya menabung 8% dari pengeluaran total mereka. Padahal kalau mau hidup mapan, kamu harus punya tabungan yang cukup. Tabungan juga penting supaya kamu nggak kocar-kacir dan terpaksa ngutang saat jatuh sakit atau ada kebutuhan mendadak.

Malas mencatat pengeluaran

Kamu nggak merasa kamu boros. Tapi, kamu sering kehabisan uang sebelum akhir bulan. Dan kamu nggak tahu apa yang salah.Mungkin uangmu habis sedikit demi sedikit untuk berbagai pengeluaran kecil yang terjadi berkali-kali. Solusinya: biasakan diri mencatat pengeluaran. Mulai dari rokok, kopi, sarapan harus dicatat semuanya. Dengan ini, kamu bisa tahu pengeluaran apa yang harus diminimalisir, dan bagaimana cara meminimalisirnya.

Suka ngutang

Beberapa jenis utang seperti KPR atau kredit modal usaha memang gak bisa terhindarkan. Tapi, kalau yang melilitmu adalah utang kartu kredit? Ingat, kartu kredit ibarat medan perang antara nasabah dan bank. Kalau nasabah menang, dia bakal dapat banyak diskon dan fasilitas tanpa harus tekor. Tapi kalau nasabah kalah, bisa-bisa dia kehilangan rumah.

Enggak punya rencana keuangan dan dana darurat

Iya sih, “rencana keuangan” mungkin terdengar membosankan. Tapi gimana bisa kamu mencapai sesuatu kalau kamu nggak tahu apa yang jelasnya mau kamu capai?

Selain itu, menurut para ahli keuangan, kamu mestinya punya dana senilai enam bulan gaji untuk sewaktu-waktu menutup keperluan darurat. Kamu atau anggota keluargamu bisa sakit mendadak atau terkena musibah. Kalau nggak punya dana cadangan, apa yang bisa kamu lakukan? Utang bukan pilihan, apa lagi mengingat bunganya.

Lebih suka mengeluh daripada berusaha

“Gaji kurang, lembur mulu!” “Nggak tahu lah. Kayaknya bakal kelilit utang seumur hidup.” Kalau memang situasimu nggak adil, pikirkan bagaimana caranya kamu bisa meminimalisir akibat ketidakadilan itu. Pikirkan betapa bahagianya kamu begitu bisa keluar dari situasi itu.

Enggak (mau) memikirkan masa depan

Makan malam di tempat mahal nggak jadi masalah buatmu, bahkan kalau kamu nggak punya apa-apa buat makan besok. Kamu nggak logis. Kamu impulsif. Dan kamu bangga akan itu. Mungkin sampai sekarang orang-orang di sekitarmu masih tahan dengan sifat borosmu. Tapi ingat mereka hanya akan ikhlas menolong kalau mereka tahu kamu usaha. Susah untuk percaya bahwa orang yang nggak berusaha pantas buat dibantu.

Enggak paham kerasnya hidup

Masalah utamamu bukan gaya hidup yang boros, bukan pula kecenderungan untuk ceroboh. Masalah utamamu adalah kamu nggak paham kerasnya hidup. Kamu selalu punya orang di belakangmu yang akan memikul akibat dari kesalahan-kesalahanmu. Kamu selalu yakin entah bagaimana bahwa Tuhan akan selalu mencukupkanmu.

Padahal, nggak ada orang yang pernah tahu apa yang akan terjadi pada hidupnya besok. Kamu nggak akan tahu sampai kapan orang-orang akan tahan denganmu. Kamu nggak tahu sampai kapan Tuhan bersabar terhadapmu. Kamu bahkan nggak tahu kenapa dan untuk apa kamu hidup.

Lifestyle

Peneliti: Hirup Aroma Apel Bisa Atasi Migrain

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apel merupakan salah satu buah yang umum dimakan setiap orang, aromanya yang khas dengan kesan segar dan manis yang menyenangkan di hidung.

Saat membeli buah apel, beberapa orang suka mencium baunya yang khas dan segar, namun tahukah Anda bahwa ternyata kegiatan sederhana mencium bau apel ini ternyata mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh? Bahkan jika kamu tidak memakan apel tersebut.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang dimuat dalam Smell and Taste menemukan bahwa mencium aroma buah apel kemungkinan bisa meredakan sakit kepala hingga migrain.

Aroma segar buah apel direspon sebagai aroma yang mampu memberi efek relaksasi oleh otak sehingga mampu melepaskan hormon yang mampu membuat saraf rileks. Karena inilah bau apel mampu mengurangi gejala hingga rasa nyeri karena migrain.

Sementara penelitian lain yang menggunakan buah apel hijau untuk bahan penelitian menemukan bahwa aroma buah apel hijau bisa membantu mengendalikan perasaan cemas dan gelisah di kala menghadapi momen yang menegangkan dan menyebabkan stres.

Walau terkesan sepele, menghirup aroma buah apel sebelum membeli atau memakannya ternyata memiliki manfaat di luar dugaan ya.

Continue Reading

Lifestyle

Tulisan Tangan Jelek? Jangan Minder, Ini Kelebihanmu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ternyata, tulisan tangan dapat mengungkap kepribadian dan karakter seseorang. Bahkan kita juga bisa mengungkap potensi atau kelebihan yang dimiliki jika dilihat dari tulisan tangan kita.

Bagi orang-orang yang tulisan tangannya jelek atau sering diledek memiliki tulisan tangan seperti cakar ayam, tak perlu minder.

Orang yang mempunyai tulisan tangan jelek ternyata memiliki beberapa kelebihan. Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, karakter positifnya dapat dilihat dari tulisan tangannya. Di balik tulisan tangan kita yang jelek, ada kelebihan yang dimiliki diri kita.

Independen dalam Berpikir

Kelebihan yang pertama yakni independen dalam berpikir. Kurang suka diatur atau dituntut untuk memenuhi standar orang lain. Lebih suka mengikuti apa yang diinginkan daripada menuruti semua keinginan orang lain.

Berjiwa Kreatif

Tulisan tangan yang jelek juga sering dinilai eksentrik. Tak hanya itu, orang yang tulisan tangannya jelek umumnya punya jiwa kreativitas yang tinggi. Sisi kreatif ini bisa terus digali dan diasah.

Cerdas

Tulisan tangan yang jelek dan berantakan bisa jadi tanda kecerdasan yang tinggi. Otak kita berpikir lebih cepat dari kemampuan tangan kita menuliskan dan menuangkan semua isi pikiran kita. Potensi ini bisa terus diasah dan dikembangkan untuk menjadi pribadi yang lebih cerdas.

Info ini menjadi salah satu referensi yang sekiranya bermanfaat untuk membuat kita lebih semangat dalam menggali kelebihan yang ada dalam diri kita.

Continue Reading

Lifestyle

Kerpibadian Penyuka Es Krim Banyak Toping, Agresif dan Menarik

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Di gerai-gerai penjual es krim sering kali kita dapati pilihan toping yang dapat ditaburkan di atas es krim atau mungkin ada jenis es krim yang telah dicampur dengan chocochips atau kacang giling.

Dari banyaknya macam varian es krim, ada juga jenis orang-orang yang menyukai es krim rasa cokelat dengan banyak toping.

Menurut penelitian Dr. Alan Hirsch, founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation untuk Baskin Robbins, ia menemukan bahwa orang yang menjadikan es krim jenis ini sebagai favorit ternyata memiliki kepribadian yang agresif dan menarik, tetapi bisa menjadi pendengar yang baik.

Hasil penelitian lainnya dari brand es krim Dreyer’s/Edy’s menyebutkan bahwa penyuka es krim dengan banyak campuan toping merupakan tipe yang goal-oriented, ia punya tujuan hidup yang sudah ditentukan dan ingin diraihnya. Tidak heran jika mereka mudah mendapatkan kesuksesan.

Namun sayang, sifat agresifnya cenderung menyakiti perasan orang-orang di sekitarnya sehingga ia harus lebih peka dengan sekitarnya.

Jadi seperti itulah kepribadian orang-orang yang menyukai es krim topingnya banyak.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com