Connect with us

Sumut

Pemkab Sergai Peringati HUT KORPRI Ke-48

Published

on

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyerahkan piala pemenang perlobaan cabor kepada Dinas Pertanian yang keluar sebagai juara umum. (Foto: art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memperingati Hari Ulang Tahun Korp Pegawai Republik (HUT KORPRI) di halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (29/11/2019).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bertindak sebagai pembina upacara, Romian Parulian Siagian sebagai pemimpin upacara, serta   Makmur Pasaribu bertindak sebagai perwira upacara.

Apel gabungan ini turut dihadiri Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan, Kajari Sergai Paian Tumanggor, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Muchsin, Wakapolres Sergai Kompol Gunawan Heri Sudarto, dan segenap ASN Pemkab Sergai.

Bupati Soekirman saat membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo menyampaikan salam sekaligus apresiasi khusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan dan wilayah terisolir. 

“Mereka adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa dan negara,” kata Soekirman.

Dalam pidato itu, Jokowi menekankan perubahan dan mengajak segenap anggota KORPRI melakukan reformasi kinerja berkelanjutan. Reformasi ini menuntut abdi negara meninggalkan pola pikir lama, kerja linear dan kerja hanya sekadar rutinitas. 

“Birokrasi harus berubah.Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja cepat dan beradaptasi dengan perubahan. Tetap berinovasi dan melahirkan terobosan,” lanjut Soekirman.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dikurangi dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil. Terakhir, Jokowi mengajak seluruh anggota KORPRI yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai satu saudara se-bangsa dan se-tanah air.

“Kita harus ingat bahwa negara kita adalah negara besar. Negara dengan 17 ribu pulau, dengan agama, suku, budaya dan bahasa daerah yang beragam. Kita adalah negara yang ber-bhinnneka tunggal ika. Keberagaman ini adalah kekuatan kita. Kemajemukan adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia, yang harus kita jaga dan rawat bersama-sama,” pungkas Soekirman membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada kesempatan itu, diselenggarakan juga penyerahan hadiah bagi pemenang perlombaan PORKAB KORPRI tahun 2019. Dalam perlombaan yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga dan kegiatan ke-KORPRI-an ini, Dinas Pertanian keluar sebagai juara umum. (art)