Connect with us

Nasional

Pemda Karo Pindahkan Kerjasama Dari Bank BPDSU Ke BRI Kabanjahe, DPRD Karo Panggil Bupati Karo

Published

on

Bupati karo saat dikonfirmasi geosiar diseputaran areal dinas pertanian karo (29/11/2019)

Kabanjahe – Geosiar – Terkait beredarnya informasi perpindahan rekening milik Pemerintahan Daerah (pemda) Kabupaten karo dan dugaan adanya politisasi sekaitan dikakukanya kerjasama antara pemda karo bersama bank BRI cabang kabanjahe.

Sebelumnya diduga telah dilakukan Memorandum Of Understanding (MOU) pada tanggal 15 November 2019 menuai kritikan dari berbagai kalangan hingga dilakukan pemanggilan oleh Lembaga Legislatif terhadap Bupati Karo Terkelin Brahmana SH digedung DPRD Karo, jalan veteran kabanjahe (29/11/2019).

Firman Firdaus Sitepu salah satu Anggota DPRD Karo diruang kerjanya dikonfirmasi awak media menyatakan ” Mou tersebut belumlah dilakukan dan benar DPRD Karo sudah melakukan pemanggilan terhadap kepala daerah Kabupaten Karo.

Besok jadwal dilakukan rapat bersama Bupati Karo untuk membahas dan meminta alasan serta penjelasan mengapa dikakukan perpindahan dari Bank BPDSU kepada Bank BRI cabang Kabanjahe, besoklah kita lihat hasilnya, ujar Firdaus dari Fraksi Golkar, kamis (28/11).

Menanggapi hal adanya issue MOU antara pemkab Karo dengan pihak BRI Cabang Kabanjahe tersebut, Soni Ginting selaku pengurus kepemudaan yang ada dikabupaten karo mengatakan bahwa pihak Pemda Karo harus menjelaskan terlebih dahulu apa alasan dan dasar hukumnya Mou tersebut dilakukan dan seperti kita ketahui selama ini rekening Bendahara Umum Daerah (BUD) Kabupaten Karo ada di Bank Pemerintah Sumatra Utara (BPDSU) Cabang Kabanjahe.

Yang jadi pertanyaan besar adalah apakah MOU tersebut sudah final dilakukan dengan proses yang benar dan tidak beraroma adanya politisasi untuk kepentingan tertentu, karena informasi dari salah satu sumber yang layak kita percaya menyatakan pihak pemkab karo telah melakukan pemindahan keuangan daerah kabupaten karo dari BPDSU kepada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kabanjahe sebesar 50 miliar.

maka dari itu masyarakat berharap agar DPRD Kabupaten Karo dapatlah mempertanyakan prihal dan keabsahan serta alasan MOU tersebut dilakukan, karena itu semua berkaitan dengan keuangan daerah karo yang nota bene adalah Dana investasi dan Dana partisipasi masyarakat melalui pembayaran pajak dan penghasilan lainnya yang ditampung dalam PAD kabupaten Karo.

Amatan awak media langsung digedung DPRD Karo dan disela sela waktu rapat tersebut, Bupati karo membenarkan kedatangannya ke gedung DPRD Karo sekaitan memenuhi panggilan untuk memberi penjelasan dan memberi alasan mengapa Pemda Karo mengalihkan rekening milik Pemda dari Bank BPDSU kepada BRI cabang kabanjahe dan rapat masih berlangsung hingga nanti sore.

Jadi kita tunggulah seluruh pihak usai memberi alasan dan penjelasanya, ujar bupati karo sembari meninjau areal lahan Dinas pertanian karo yang juga berdampingan dengan gedung DPRD Karo (29/11).edy/Shela Manjorang

Advertisement