Connect with us

Sumut

Pembeli dan Pengedar Narkoba di Tebing Tinggi Divonis 4 Tahun Penjara

Published

on

Terdakwa Dodi

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Berkas terdakwa narkoba atas nama Dodi Purba dan terdakwa Suep Tamba  yang dihadirkan Jaksa penuntut umum Juni T SH yang digelar di Persidangan Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, dipimpin majelis hakim Tanti Manalu SH dkk, Kamis (27/11/2019).

Dalam sidang tuntutan tersebut, jaksa menuntut 2 berkas terpisah, masing-masing selama 4 tahun penjara untuk terdakwa Dodi dan Suep. Sidang diputuskan  pekan depan.

Kuasa hukum kedua terdakwa, Herman Napitupulu SH meminta agar hukuman yang dijatuhkan harus adil. Dalam dakwaan jaksa  dan keterangan terdakwa Dodi Purba,  bahwa barang bukti narkoba jenis sabu diperoleh dari terdakwa Suep  dan keterangan itu tercantum didakwaan terdakwa Suep.

Sekadar diketahui, terdakwa Dodi  pada Kamis (25/7/2019) sekira pukul 10.10 WIB bertempat di Jalan Thamrin Kelurahan Mandailing Kecamatan Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi terkait kasus narkoba.

Bermula saat satuan Res. Narkoba Polres Tebing Tinggi mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdakwa Dodi  memiliki, menguasai atau membawa Narkotika jenis sabu di Jalan Thamrin Kelurahan Mandailing Kecamatan Tebing Tinggi Kota Tebing Tinggi.

Terdakwa ditangkap oleh anggota Sat. Res Narkoba Polres Tebing Tinggi, Rickson dan Polin (saksi penangkap)  dan langsung melakukan penyelidikan dengan mendatangi alamat yang diinformasikan tersebut.

Terdakwa Dodi sempat membuang 1 bungkus plastik berisi narkotika jenis sabu ke parit. Namun saksi penangkap berhasil mengamankan barang haram tersebut.

Saksi-saksi penangkap melakukan introgasi terhadap terdakwa terkait kepemilikan dan asal sabu tersebut. Dari hasil introgasi, terdakwa mengaku bahwa sabu tersebut adalah miliknya yang dibelinya dari saudara Suep Rizal Tamba alias Ketua dengan harga Rp.70.000.

Selanjutnya saksi-saksi penangkap melakukan pengembanga.  Sekira pukul 11.00 WIB  di Jalan Rao Lingkungan III Kelurahan Mandailing kecamatan Tebing Tinggi saksi-saksi penangkap berhasil mengamankan saudara Suep Rizal Tamba.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 Undang-undang Republik Indonesia Nomor.  35 Tahun 2009 tentang Narkotika.