Connect with us

Politik

Mantan Napi Boleh Daftar Caketum Golkar

Published

on

Ketua Komite Pemilihan Ketua Umum Golkar Maman Abdurahman, (Foto: Dok. Partai Golkar)

Geosiar.com, Jakarta – Mantan narapidana (napi) diperbolehkan mendaftarkan diri dan maju sebagai bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar periode 2019-2024. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komite Pemilihan Ketua Umum Golkar Maman Abdurahman saat sosialisasi tata cara pendaftaran bakal caketum di DPP partai di Slipi, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, status hukum seseorang tidak terlalu mempengaruhi partai berlogo pohon beringin itu selama telah menyelesaikan proses hukum yang menjeratnya.

“Selama dia sudah menjalani proses hukum dan sebagainya tidak akan ada permasalahan,” ujar Maman Abdurahman kepada wartawan, Kamis (28/11/2019).

Oleh sebab itu, Maman menegaskan bahwa Golkar tidak akan menghalangi hak demokrasi seseorang hanya karena status hukum yang pernah dituduhkan kepada bakal caketum.

“Bagi kami selama proses setiap orang itu sudah melewati proses hukumnya bagi kami masih akan ada tahap verifikasi di internal kita. Tinggal catatan dia pernah melewati proses hukum,” tegasnya.

Lebih jauh, Maman menjelaskan mekanisme penjaringan bakal caketum Golkar menurut AD/ART. Ada tiga tahap yang akan dilalui yaitu penjaringan, pencalonan, dan pemilihan. Saat ini, panitia tengah menjalankan tahapan pertama.

“Mengacu kepada AD/ART terkait pemilihan ketua umum Partai Golkar, setidaknya, ada tiga tahapan yang terdiri atas penjaringan, pencalonan, dan pemilihan. Saat ini, komitenya tengah menjalankan tahapan pertama yakni penjaringan bakal calon ketua umum partai Golkar,” pungkasnya.