Connect with us

Dunia

Erdogan Sambut Audiensi Menhan Prabowo

Published

on

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (tengah) bertemu Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto (kiri). (Foto: Anadolu)

Geosiar.com, Ankara – Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Prabowo Subianto sedang melakukan kunjungan kerja di Turki. Usai bertemu dengan pejabat bidang pertahanan Turki, Prabowo melanjutkan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di kompleks Istana Presiden Turki, Kamis (28/11/2019).

Dikutip dari Anadolu, Jumat (29/11/2019), audiensi Prabowo pun langsung disambut baik oleh Erdogan. Keduanya melakukan pertemuan tertutup untuk pers selama 30 menit. Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar juga terlihat hadir pada pertemuan tersebut.

Namun, masih belum ada kabar terkait topik apa yang dibahas Prabowo dan Erdogan dalam pertemuan itu. Sewaktu bertemu dengan Menhan Turki, eks antan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus itu diberitakan membahas masalah keamanan dan kerja sama di bidang industri militer dengan Menhan Hulusi Akar.

Diduga, keduanya membahas hubungan kerja sama pembuatan purwarupa medium tank yang dibuat oleh PT Pindad Indonesia dan FNSS Turki pada 2015 lalu. Setelah diproduksi di Turki, medium tank ini diberi nama Kaplan MT, sementara Indonesia menamainya Tank Harimau.

Selain itu, Indonesia-Turki juga menjalin kerja sama dalam memproduksi kendaraan udara tak berawak (UAV). Turkish Aerospace Industry (TAI) sudah mengikuti proses tender pengadaan UAV sejak tahun lalu, namun keputusannya belum keluar. Kedua petinggi negara itu mungkin membahas topik tersebut.

Sebelum menemui Prabowo, Erdogan menerima audiensi pemimpin Kurdi Irak (KRG) Mesrur ​​Barzani. Mereka juga menggelar pertemuan tertutup untuk pers selama 1 jam.