Connect with us

Ekonomi

20 Ribu Ton Beras Terancam Dibuang, Bulog Tuntut Menkeu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Perum Bulog melaporkan terdapat 20 ribu ton beras cadangan yang terancam dibuang. Itu merupakan beras yang sudah disimpan lebih dari empat bulan atau berpotensi bakal mengalami penurunan mutu.

“Kami punya disposal 20 ribu ton sudah disetujui oleh rakortas untuk di-disposal,” ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi pada Jumat (29/11/2019).

Tri Wahyudi mengatakan bahwa, berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), dikatakan bahwa CBP mesti di-disposal atau dibuang jika sudah melampaui hingga melewati batas waktu simpan, paling sedikit empat bulan atau berpotensi dan atau mengalami penurunan mutu.

Akan tetapi pihaknya mengeluh lantaran aturan itt tidak didukung Kementerian Keuangan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Hingga saat ini kajian terkait anggaran ganti rugi atas beras turun mutu tidak kunjung selesai.

“Karena ini uang negara, harus diganti oleh Kementerian Keuangan. Alhamdulillah Permentan-nya ada tapi di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nggak ada. Jadi di PMK-nya nggak ada. Jadi nggak bisa diselesaikan,” tuturnya.

Pihaknya berharap agar ada sinkronisasi kebijakan antara Kementan dengan Kemenkeu. Pasalnya masalah yang dihadapi Bulog dapat menjadi temuan BPK.

“Permentan-nya ada, PMK-nya nggak ada. Jadi kami bingung. Itu cukup besar nilainya. Kalau ini disposal tidak ada yang bayar ya pasti jadi potensi temuan BPK. Ini saya kira sinkronisasi kebijakan mesti disegerakan,” tandasnya.

Ekonomi

Sri Mulyani Masuk ‘100 Most Powerful Women’ Versi Forbes

Published

on

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. [Foto: Instagram.com/smindrawati]

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia atau The World’s 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes. Klik disini.

Dalam daftar tersebut, Sri Mulyani menempati posisi ke-76 dan menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bersanding dengan Angela Markel, Christine Lagarde, Oprah Winfrey, Queen Elizabeth II, Beyonce hingga Greta Thunberg.

Kemampuan wanita kelahiran Lampung ini dibidang perekonomian Indonesia dan dunia sudah tidak bisa diragukan lagi. Usai bekerja di Bank Dunia, Sri dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menteri Keuangan. Sri Mulyani juga merupakan satu-satunya perempuan yang menjadi menteri keuangan di Indonesia.

Sebelumnya, Sri Mulyani pernah mendapat penghargaan tingkat Asia, yaitu Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE). Kemudian, dia juga pernah meraih penghargaan sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia oleh harian ‘Emerging Markets’.

Kemudian, pada 2018 lalu, Sri Mulyani diberi Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Pada tahun yang sama, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia.

Continue Reading

Ekonomi

Dolar AS ‘Ngamuk’, Rupiah Berada di Level Rp 14.035

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Pagi ini nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah menduduki level Rp 14.035. Angka tersebut tercatat sedikit lebih tinggi dibandingkan posisi penutupan perdagangan kemarin di level Rp 14.030.

Pernyataan tersebut dikutip dari data perdagangan Reuters pada Kamis (12/12/2019). Hingga pagi ini, dolar AS terpantau bergerak di level Rp 14.035-14.040.

Nilai tukar dolar AS sejatinya tercatat terus bergerak turun secara rata-rata sejak awal Desember 2019. Dolar AS secara point to point dibandingkan dengan setahun yang lalu bergerak di rentang Rp 13.885-14.625.

Menurut data RTI, dolar AS tercatat berada di level Rp 14.040. Mata uang Paman Sam menguat 5 poin atau 0,04%.

Kendati demikian, pagi ini nilai tukar dolar AS cukup jelek dibandingkan sejumlah mata uang negara utama dunia. Dolar AS mayoritas melemah, di mana dolar Taiwan, peso Filipina, dan ringgit Malaysia tercatat yang paling kuat menekan mata uang Paman Sam.

Begitu pula dengan rupiah. Mata uang Garuda pagi ini cuma menguat terhadap yen Jepang, sedangkan dolar Taiwan, poundsterling, dan dolar Australia paling kuat menekan pagi ini.

Continue Reading

Ekonomi

Garuda akan Umumkan Bos Baru 22 Januari 2020

Published

on

Ilustrasi Pesawat Garuda Indonesia

Geosiar.com, Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) rencananya dilangsungkan pada 22 Januari 2020 mendatang.

Rapat tersebut bakal menentukan pengurus baru perusahaan setelah ditinggal 5 direksi lantaran terjerat skandal Harley Davidson ilegal.

Direksi pertama dicopot dalam skandal itu ialah Ari Askhara yang adalah Direktur Utama Garuda. Lalu empat direksi menyusul yakni Direktur Operasi Bambang Adisurya, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

“RUPS Garuda tanggal 22 Januari,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga, kemarin (10/12/2019).

Dalam keterangan tertulis Dewan Komisaris Garuda Indonesia, Senin (9/12/2019), Pelaksana tugas (Plt) Dirut Garuda Indonesia, Fuad Rizal sudah menunjuk 4 orang pelaksana tugas harian (Plh), yaitu sebagai berikut:

  1. Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi
  2. Mukhtaris pejabat Direktur Teknik dan Layanan
  3. Joseph Dajoe K. Tendean pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha
  4. Aryaperwira Adileksana pejabat Direktur Human Capital

Dua direktur Garuda yaitu Fuad Rizal dan Pikri Ilham Kurniansyah sebelumnya dipercayai Dewan Komisaris untuk mengisi sejumlah jabatan. Fuad Rizal bertugas sebagai Plt Direktur Utama sekaligus menjabat Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko. Dewan Komisaris juga menetapkan Fuad sebagai Plt Direktur Operasi dan Plt Direktur Teknik dan Layanan.

Pikri Ilham Kurniansyah bertugas sebagai Direktur Niaga. Dewan Komisaris kemudian menetapkan Pikri sebagai Plt Direktur Human Capital dan Plt Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com