Connect with us

Sumut

Pemko Medan akan Terapkan Transportasi Massal Skema BTS dan Revitalisasi Terminal, Ini Pesan Akyar Nasution…

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution paparkan program pembangunan yang akan dilakukan Pemko Medan untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas ‘gridlock’ di kota Medan. Begitu juga untuk peningkatkan pelayanan transportasi di kota Medan menuju Medan Smart City, Januari 2020 akan dilakukan pembangunan revitalisasi terminal Amplas dan Pinang Baris.

Dihadapan ratusan para supir, pengusaha angkutan, pengurus Organda, Rabu (27/11/2019) di terminal Amplas Medan. Akhyar Nasution didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis, menyampaikan dan berharap semua pihak terutama supir dan pengusaha angkutan agar mendukung program tetsebut.

Disampaikan Akhyar Nasution, seluruh elemen masyarakat agar sama sama merubah citra pengangkutan di Medan lebih tertib dan disiplin. “Revitalisasi Terminal Amplas dan Pinang Baris bulan Desember tahun ini proses tender berlangsung dan Januari tahun depan mulai pengerjaan. Anggarannya semua dari pemerintah pusat Kementerian Perhungan RI, ” terang Akhyar.

Bukan itu saja tambah Akhyar, Tahun 2020 akan ada pengembangan transportasi massal berbasis jalan dengan skema pembelian layanan ‘Buy The Service’ (BTS). “Pada triwulan pertama tahun depan transportasi massal itu akan beroperasi melayani 5 titik koridor di Medan. Program ini juga bekerjasama dan anggarannya dari Kementerian Peruhungan RI melalui Dirjen Perhuhungan Darat, ” sebut Akhyar didampingi Iswar Lubis.

Kepada supir dan pengusaha tidak per kuatir dengan angkutan massal tersebut karena kerjasama tetap dilakukan. “Jangan kuatir, rezeki itu Tuhan yang mengatur. Yakinlah, kalau Tuhan merestui, rezeki itu akan dapat. Jangan mendahului kuasa Tuhan. Nanti soal teknis kerjasamanya akan diatur, ” ujar Akhyar.

Sebagaimana diketahui, melalui Dishub Kota Medan saat ini sudah mempersiapkan sarana pendukung untuk program itu. Apalagi, Dirjen Perhubungan sudah menyerahkan sepenuhnya terkait penyediaan fasilitas naik turun penumpang, penataan trayek feeder dan sosialisasi.

Dimana sistem angkutan massal berbasis skema pembelian layanan (Buy The Service/BTS) yakni perusahaan angkutan disubsidi oleh Dirjen Perhubungan ke beberapa operator konsorsium. Nantinya, seluruh pengusaha angkutan di kota Medan akan dilibatkan yang dikordinir pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Ditambahkan Ahkyar, rencana pengembangan koridor angkutan perkotaan sistem BTS di kota Medan direncanakan 8 titik. Namun hanya 5 titik koridor yang akan terealisasi tahap pertama. Adapun ke 8 koridor yang sirencanakan sebelumnya yakni koridor Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka, Terminal Amplas – Lapangan Merdeka, Belawan – Lapangan Merdeka, Terminal Pinang Baris – Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris – Sp Aksara/Jl Letda Sujono, Medan Tuntungan – Lapangan Merdeka, Tembung -Lapangan Merdeka dan koridor Deli Tua – Lapangan Merdeka.

Diharapkan, dengan terlaksananya angkutan massal dengan sitem BTS tersebut sehingga kemacetan lalu lintas si kota Medan dapat diminimalisir. Dimana kemacetan jalan lalulintas di Medan saat ini sudah sangat kritis dan nyaris stagnan. (lamru)

Advertisement

Sumut

GAMKI Diharapkan Berperan Ikut Membangunan Kota Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution diwakili Hannalore Simanjuntak menghadiri Perayaan Natal Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut berlangsung khidmat dan meriah di Pardede Hall Medan, Jumat (6/12/2019). Ribuan umat Kristiani larut dalam suka cita perayaan yang mengagungkan kebesaran sekaligus memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus bagi umat Kristiani. Diharapkan perayaan tersebut terus menumbuhkan rasa cinta kasih pada Tuhan serta sesama.

Perayaan Natal diharapkan menjadi momentum semakin mempererat hubungan baik antar umat beragama yang selama ini telah terjalin di Kota Medan.

Dikatakan Plt Walikota melalui Hannalore, Natal menjadi hari yang sangat dinanti umat Kristiani di seluruh belahan dunia termasuk Kota Medan. Sebab, kesempatan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga besar untuk melewati dan mengisi hari dengan berbagai kegiatan khususnya ibadah bersama. “Ini hari besar bagi umat Kristiani. Maka larutlah dalam suka cita dan damai kasih natal,” kata Hannalore usai menghadiri acara.

 Selanjutnya, diharapkan agar GAMKI dapat menjadi organisaai pemuda Kristen yang senantiasa menanamkan dan melakukan hal-hal baik dalam ajaran Tuhan terlebih dalam bersosialisasi di tengah masyarakat Kota Medan yang heterogen. Dengan begitu akan tergambar wajah Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis.

Disamping itu, GAMKI juga diajak menjadi motor penggerak bagi pemuda Kristen lainnya untuk mendukung penuh setiap program Pemko Medan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan baik yang telah maupun tengah dilakukan sehingga dapat bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Pemuda adalah garda terdepan perubahan bangsa khususnya untuk Kota Medan. Oleh sebab itu, kami mengajak GAMKI untuk dapat ikut aktif berkontribusi dan mengambil peran serta bagian dalam mendukung pembangunan kota lewat program-program yang dimiliki. Mari berikan dan lakukan yang terbaik,” ajaknya. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Natal Driver Gojek Tebing Tinggi Berlangsung Meriah

Published

on

Perayaan natal Gojek Tebing Tinggi di Gedung GKII Jalan Lama Kecamatan Rambutan, Rabu (4/12/2019) malam. (Foto: ahs/geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Perayaan Natal Driver Gojek se-Kota Tebing Tinggi berlangsung sangat meriah dengan dihadiri ratusan jemaat beserta keluarga, Rabu (4/12/2019) bertempat di Gedung GKII Jalan Lama Kecamatan Rambutan.

Pdt Loster Munthe S.Th dalam khotbahnya yang diambil dari Alkitab Kolose 3:23 mengatakan, agar seluruh tim Driver Gojek selalu bersuka cita dan saling mendukung dalam doa, baik kepada pimpinan Gojek ditempat bekerja begitu juga kepada seluruh keluarga.

” Dimanapun kita berada mintalah bantuan kuasa Tuhan agar selalu memberkati langkah dan perjuangan tim Driver Gojek. Di hari Natal ini betul-betul kuasa Tuhan kita terima dan mari kita meningkatkan pelayanan dimanapun kita berada,” ujar Pdt Munthe.

Sementara itu, Ketua Natal Parlinggoman Simanjuntak didampingi Sekretaris Yohanes Wesley Hutagaol dan Bendahara Andrew Rimanov Situmorang mengatakan natal Driver Gojek kali ini mengusung tema “Do Everything for God”. Hal ini menandakan agar setiap kegiatan yang dilakukan tim Gojek hanya diperuntukan bagi kemuliaan Tuhan.

Perayaan natal ini dimeriahkan dengan liturgi, kemudian diakhiri dengan pemutaran video perjuangan driver di lapangan yang membuat para istri driver terharu. Di penghujung acara, para driver membagikan setangkai bunga mawar kepada istrinya masing-masing sambil berpelukan suasana menjadi haru karena disertai isak tangis dan seluruh tim driver juga saling bersalam dengan mengucapkan “Malam Natal yang Indah”. (AHS)

Continue Reading

Sumut

Perayaan Natal Partona Rampah Berlangsung Khidmat

Published

on

Perayaan Natal Punguan Parsadaan Toga Nainggolan (PARTONA) Sei Rampah, Jumat (6/12/2019) pukul 15.00 WIB. (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Perayaan Natal Punguan Parsadaan Toga Nainggolan (PARTONA) Sei Rampah dan sekitarnya berlangsung dengan khidmat. Natal ini mengambil tema “Alangkah Baiknya dan Indahnya. Apabila Saudara Diam Bersama dengan Rukun” dan Sub tema “Dengan Perayaan Natal Partona Kita Saling Menyayangi, Bersatu dan Damai”.

Natal berlangsung di Kediaman A. Manurung yang berlokasi di Dusun I, Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, Serdang Bedagai (Sergai) pada Jumat (6/12/2019) pukul 15.00 WIB.

Perayaan Natal Partona ini dihadiri oleh Pdt Tunggul Siregar.S.Th, penasehat Partona Purn Kompol L. Lumban Raja, Ketua Umum Partona S.E. Nainggolan, serta kumpulan boru/bere/ibebere Nainggolan.

Penasehat Partona, (Purn) Kompol L. Lumban Raja mengatakan, perayaan natal Partona ini dirayakan secara bersama oleh keturunan marga Nainggolan, Boru, Bere, dan Ibe Bere, dengan harapan menjadi wadah pemersatu serta mempererat tali kasih persaudaraan. 

“Dengan sikap kebersamaan dan menjadi ajang silaturahmi antarsesama marga Nainggolan di manapun berada. Serta mengajak seluruh keluarga Partona agar sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu diam bersama dengan rukun,” kata Lumban Raja dalam sambutannya.

Dia berharap, melalui perayaan natal ini bisa terjalin silaturahmi serta terciptanya rasa saling mengasihi bagi seluruh keturunan Nainggolan, agar semakin meningkatkan kepedulian kepada sesamanya. 

Hal senada juga diucapkan Ketua Partona SE Nainggolan. Menurutnya, perayaan natal dapat menimbuhkan rasa saling berbagi dan mengenal satu sama lain sehingga terjalin kekompakan dan kerukunan antarsesama.

”Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena terlaksananya perayaan natal Partona ini. Dengan perayaan natal ini, kita akan menjadi kompak dan rukun serta ke depannya Partona yang ada di Sei Rampah menjaga kerukunan di antara kita dan juga terhadap lingkungan serta kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Dengan perayaan natal ini memberikan pesan rasa persaudaraan, setelah terjalin keakraban akan semakin meningkatkan hubungan kekeluargaan di seluruh anggota. Para anggota Partona yang kurang aktif agar lebih aktif ke depannya,” pungkasnya

Dari pantauan, acara natal tersebut berlangsung penuh dengan khidmat dan meriah. Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan makan bersama sambil dihibur dengan kegiatan anak-anak Partona, paduan suara dan koor Nainggolan. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com