Connect with us

Dunia

Paus Fransiskus Ungkap Praktik Korupsi di Vatikan

Published

on

Paus Fransiskus dalam konferensi pers di atas pesawatnya sebelum bertolak ke Roma, usai kunjungannya ke Thailand dan Jepang, 26 November 2019. (Foto: AFP)

Geosiar.com, Vatikan – Paus Fransiskus mengungkap pernyataan mengejutkan untuk pertama kali mengenai praktik korupsi yang terjadi di Vatikan. Hal itu disebutnya sebagai sebuah “skandal” yang cukup memalukan. Awalnya, Paus mengaku adanya penyelewengan dalam pengurusan keuangan Vatikan.

“Untuk pertama kalinya, perbuatan kotor terungkap dari dalam Vatikan, bukan dari luar. Apa yang terjadi, telah terjadi, sebuah skandal. Mereka melakukan perbuatan yang melanggar,” tutur Paus Fransiskus dalam konferensi persnya di dalam pesawat saat perjalanan pulang dari Jepang, seperti dilansir dari laman DW, Kamis (28/11/2019).

Lebih lanjut, Paus mengatakan proses penyelidikan tengah berlangsung berdasarkan sejumlah bukti yang sudah dikumpulkan. Ada lima petugas administrasi Vatikan yang diskors dan kini tengah menjalani pemeriksaan, dua di antaranya merupakan pejabat senior.

“Ada korupsi, jelas. Dengan interogasi kita akan melihat apakah mereka bersalah atau tidak,” lanjut Paus.

Kepada wartawan, Paus membocorkan dugaan korupsi itu meliputi penipuan dan penyalahgunaan anggaran Peter Pence, dana amal Paus yang digunakan untuk membeli properti mewah di pusat kota London, Inggris, senilai €150 juta atau setara dengan Rp240 miliar.

“Anda bisa membeli properti, kemudian menyewakannya, menjualnya. Namun, itu dilakukan demi kebaikan bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.