Connect with us

Sumut

Nelayan Deliserdang Terima Bantuan Mesin Kapal BBG

Published

on

Kementerian ESDM akan menyerahkan bantuan kepada para nelayan kita berupa mesin boat sebanyak 251 unit dengan Bahan Bakar Gas (BBG)

Geosiar.com, Lubuk Pakam – Nelayan di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), menerima bantuan sebanyak 251 mesin kapal dengan bahan bakar gas (BBG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Kamis (28/11/2019), mengatakan bantuan itu guna memudahkan nelayan mendapatkan bahan bakar kapal dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) seperti sebelumnya.

Penggunaan mesin itu menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah sehingga dapat menurunkan tingkat pencemaran lingkungan sekaligus menghemat pengeluaran biaya bahan bakar.

“Tentunya bantuan itu sangat bermanfaat bagi nelayan sekaligus mendukung program penurunan tingkat pencemaran,” ujarnya.

A. Wahyu Wardono, mewakili Direktur Perencanaan dan pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM sebelumnya menyebutkan konversi BBM ke BBG merupakan salah satu program yang mendukung diversifikasi energi.

Pemilihan LPG sebagai energi alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan karena telah dikenal masyarakat, kinerja mesin penggerak atau mesin pompa air yang menggunakan LPG relatif sama untuk motor berdaya rendah dan ramah lingkungan.

Program pembagian paket perdana konverter kit BBM ke LPG dikhususkan untuk nelayan kecil dengan aktivitas mencari ikan sekitar 10 jam per hari atau bisa disebut one day fishing.