Connect with us

Lifestyle

4 Buah yang Melancarkan Konstipasi

Published

on

Buah plum atau prem.

Geosiar.com, Lifestyle – Susah buang air besar (BAB) atau sembelit biasanya paling sering disebabkan karena tubuh kurang makan serat. Untuk menghindari sembelit, biasanya banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk memperbanyak makan makanan yang mengandung serat, seperti buah.

Memanfaatkan buah untuk melancarkan BAB bisa dilakukan dengan mengonsumsi secara langsung maupun diolah seperti jus. Namun, tentu saja buah-buahan tersebut perlu dikonsumsi dalam keadaan masih segar.

Menurut Medical News Today, selain serat makanan dan air, ada satu kandungan buah yang menjadi faktor penting membantu melancarkan pencernaan, yaitu sorbitol. Sorbitol ini lah yang ampuh mengatasi masalah konstipasi. Lantas, buah apa yang mengandung sorbitol? Simak ulasannya di bawah ini!

Apel

Apel juga masuk ke dalam daftar buah yang dapat melancarkan BAB, karena kandungan serat larut air yang bernama petin dan sorbitol yang dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi. Selain pada daging buahnya, manfaat ini juga bisa diperoleh dari kulitnya. Namun jika ingin mengonsumsi apel bersama kulitnya, pastikan sudah mencucinya hingga benar-benar bersih.

Pir

Selain mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan BAB, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol alami dalam kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan fruktosa dalam buah pir sangat baik untuk merangsang pergerakan usus, sedangkan sorbitol dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Keduanya berperan dalam melancarkan BAB.

Plum

Belakangan ini plum atau prem sangat terkenal sebagai obat pencahar pada tubuh. Jus plum bertindak sebagai pencahar karena mengandung sorbitol, magnesium, dan kalium, yang semuanya meningkatkan fungsi usus. Sebuah studi melaporkan bahwa makan 100 gram plum per hari dapat meningkatkan seberapa sering orang memproduksi feses, serta konsistensi feses, dibandingkan dengan psyllium, pencahar yang mengandung serat larut dalam OTC.

Aneka buah beri

Buah beri seperti stroberi maupun blackberry termasuk buah yang memiliki banyak serat sehingga membantu melancarkan buang air besar. Dikutip dari boldsky.com, stroberi ini kaya akan antioksidan dan serat yang bisa membantu memperlancar proses pengeluaran feses.