Connect with us

Politik

Puan Maharani: Ahok Gak Wajib Mundur dari PDIP

Published

on

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyampaikan bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak wajib mundur dari partai walaupun sudah menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan. Sebab, Puan mengatakan Ahok tidak masuk dalam struktur kepengurusan PDIP melainkan sebatas kader biasa. Sehingga, tak wajib mundur dari partai berlambang banteng itu.

“Ya anggota partai politik itu kan sebenarnya tidak diwajibkan untuk mundur kalau hanya menjadi komisaris, dan Pak Ahok itu kan tidak masuk di struktur,” ujar Puan saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Kendati demikian, Ketua DPR RI itu enggan mempertegas jawaban apakah Ahok harus mundur dari PDIP. Dia hanya menyebut semua keputusan itu bukan kewenangannya untuk menjawab.

“Bukan saya yang menentukan,” tukas Puan.

Seperti diketahui, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama resmi menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) per Senin, 25 November 2019.

Pria yang akrab disapa Ahok itu mmenjelaskan tugasnya bakal fokus dalam bidang pengawasan internal Pertamina. Dalam menjalankan tugas itu, Ahok pun meminta dukungan dari masyarakat.

“Saya minta, dukungan doa dan informasi. Kan, fungsinya (komut) pengawasan, jadi semakin banyak yang lapor ke kami, kami bisa cek sistemnya,” tutur Ahok di Kementerian BUMN, Senin (25/11/2019).