Connect with us

Dunia

Presiden Korsel Komitmen Lindungi ABK asal Indonesia

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Hotel Westin, Senin (25/11/2019). (Foto: Biro Pers Setpres)

Geosiar.com, Busan – Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengutarakan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada para anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Hal itu diucapkannya langsung dihadapan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral, Senin (25/11/2019).

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menyinggung soal pentingnya perlindungan terhadapa ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal panjang.

“Saya mohon agar Presiden Moon dapat memberikan perhatian terhadap sistem perlindungan ABK Indonesia ini,” ucap Jokowi kepada Moon Jae In di Hotel Westin, Busan, Korea Selatan, Senin (25/11/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan apresiasi atas diselematkannya enam orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai ABK di kapal yang tenggelam di wilayah Seogipo, Jeju.

“Di kapal tersebut, terdapat enam orang WNI yang bekerja sebagai ABK. Enam orang WNI tersebut selamat dan saat ini sedang menjalani perawatan kesehatan. Terima kasih atas upaya penyelamatan yang dilakukan otoritas Korea,” ucap Jokowi kepada Moon Jae In di Hotel Westin, Busan, Korea Selatan, Senin (25/11/2019).

Menanggapi permintaan itu, Moon Jae In memastikan bahwa pemerintah Korea Selatan akan selalu mengutamakan keselamatan. Pertemuan itu menghasilkan 3 nota kesepahaman, yaitu deklarasi bersama pada penyelesaian akhir negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Korea.

Kemudian, perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas RI-Republik Korea, dan kerja sama teknik terkait pemindahan dan pengembangan Ibu Kota.

Dunia

Alami Krisis Pangan, PBB Siapkan Bantuan Makanan untuk Warga Zimbabwe

Published

on

Gagal panen menyebabkan banyak rakyat Zimbabwe mengalami kesulitan pangan (Getty Images)

Geosiar.com, Harare – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyediakan bantuan makanan yang akan diberikan kepada 4,1 juta warga Zimbabwe atau seperempat populasi negara itu. Diketahui, kini Zimbabwe tengah mengalami krisis pangan karena inflasi dan kekeringan berkepanjangan terkait iklim.

Zimbabwe sempat menjadi lumbung pangan di Afrika selatan. Akan tetapi kini merasakan kemerosotan ekonomi terburuk dalam satu dekade. Situasi sulit itu ditandai dengan inflasi yang melambung tinggi dan kekurangan makanan, bahan bakar minyak (BBM), obat-obatan dan listrik.

“Kami sangat khawatir karena situasi terus memburuk,” kata Eddie Rowe, country director Program Pangan Dunia (WFP).

“Kami yakin jika kami tidak melakukannya dan membantu orang-orang itu maka situasi akan meledak menjadi krisis besar,” tambahnya.

Sebanyak 240.000 ton bantuan makanan dipersiapkan di pasar internasional, mewakili dua kali lipat program WFP saat ini di Zimbabwe.

WFP bertujuan membeli suplai dari Tanzania dalam bentuk biji jagung serta dari Meksiko dan biji pulse dari Kenya serta wilayah Laut Hitam.

Zimbabwe hanya memiliki satu tahun curah hujan normal dalam lima tahun terakhir.

“Pasar-pasar tidak berfungsi. Ada keluarga yang tidur kelaparan tanpa makan sehari penuh,” jelas Rowe.

Continue Reading

Dunia

Jadi Bahan Gosip, Trump Sebut PM Kanada Bermuka Dua

Published

on

Trump Sebut PM Kanada Bermuka Dua (Reuters)

Geosiar.com, – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Rabu (4/12/2019) menyebut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bermuka dua. Hal tersebut dikatakan setelah Trudeau tertangkap kamera diduga sedang mengolok-olok kehadiran Trump di pertemuan tinggi NATO di Inggris.

Perdana Menteri Trudeau tampak terekam tengah berada di acara resepsi KTT NATO di Istana Buckingham, Inggris pada Selasa sore (3/12/2019). Dia menggambarkan dalam sebuah acara konferensi pers, para pejabat tinggi Amerika Serikat cukup kaget dengan kinerja Trump.

Pembicaraan antara Trudeau, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Anne putri Ratu Elizabeth II, terekam.

“Apakah karena itu Anda terlambat?,” kata PM Johnson bertanya kepada Presiden Macron.

“Acara konferensi pers itu berlangsung selama 40 menit. Ya, Saya melihat timnya (Trump) terkejut,” jawab Trudeau.

Merespon ucapan Trudeau itu, Trump langsung menyebutnya bermuka dua. Ia menduga Trudeau kecewa lantaran Trump sempat menantang Trudeau, akan tetapi ia gagal memenuhi target Trump menghabiskan 2 persen dari output nasional untuk pengeluaran sektor pertahanan.

“Dia bermuka dua. Saya dulu melihat dia sebagai orang yang baik, namun kenyataannya saya pernah menyerukan padanya fakta dia tidak membayar 2 persen pajak dan saya bisa melihat dia tidak suka,” tutur Trump.

Trudeau tidak mau perang kata-kata dengan Trump. Pada konferensi pers terakhir KTT NATO, Trudeau mengatakan dia dan Trump menjalani pertemuan NATO dengan baik.

Continue Reading

Dunia

Bayi Kembar di Australia Meninggal Saat Tidur, Sang Ayah Menjerit Sedih

Published

on

Bayi kembar yang baru lahir meninggal saat sedang tidur bersama ibunya. (Tempo.co)

Geosiar.com, Australia – Bayi kembar di Brisbane, Australia berjenis kelamin perempuan yang baru lahir meninggal ketika tengah tidur ditemani ibunya pada Rabu (27/11/2019). Kejadian tersebut viral menyusul adanya penggalangan dana untuk acara pemakanan bayi kembar itu.

Dilansir dari mirror.co.uk pada, Rabu (4/12/2019), bayi kembar tersebut bernama Indiana dan Violet yang berusia enam minggu. Keduanya ditemukan sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri dengan tubuh terbungkus selimut di rumah mereka di Sunnybank Hills, wilayah selatan Kota Brisbane, Australia.

Tim medis yang dipanggil ke lokasi tidak dapat menyelamatkan salah satu bayi kembar itu. Sementara satu bayi lainnya segera dilarikan ke Rumah Sakit Anak Brisbane. Namun sayang, sang bayi itu meninggal juga 36 jam kemudian.

Penduduk sekitar mengaku terkejut ketika mendengar jeritan ayah dua bayi kembar itu. Ayah bayi kembar itu sangat kecewa dengan musibah yang menyelimutinya.

Kieran Garratt, teman keluarga yang berduka membuka laman GoFundMe untuk membantu orang tua kedua bayi kembar itu agar mereka bisa melakukan upacara pemakaman.

“Sulit melihat senyum pada kedua orang tuanya setelah musibah ini. Bayi – bayi ini hanya bertahan hidup selama enam pekan,” tulis Garratt dalam laman GoFundMe.

Tidak dijelaskan secara rinci penyebab kedua bayi kembar itu meninggal dan identitas kedua orang tuanya tidak dipublikasi. Garratt menceritakan kepada News Australia, kedua orang tua bayi kembar itu telah menjadi penakut dan merasa dihantui setelah kejadian dua anak mereka meninggal.

Orang tua bayi kembar itu pun juga memiliki anak berusia empat tahun dan tiga tahun, yang salah satunya menderita autisme. Kejadian tersebut juga sudah berdampak pada anak tertua mereka yang kini menjadi lebih pendiam.

Kepolisian Queensland mengatakan bahwa kematian kedua bayi kembar itu karena faktor alami. Polisi meyakinkan kedua bayi itu tidur pada malam hari dan ditemukan sudah tidak merespon pada pagi harinya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com