Connect with us

Dunia

Lecehkan Siswa Disabilitas, Pastor di Argentina Dibui Lebih dari 40 Tahun

Published

on

Nicola Corradi (depan - di atas kursi roda), Armando Gómez (tengah), dan Horacio Corbacho (belakang) keluar dari ruang persidangan di Mendoza. (Foto: EPA)

Geosiar.com, Argentina – Dua pastor di Argentina dijatuhkan hukuman lebih dari 40 tahun penjara akibat tindak pelecehan seksual yang dilakukan terhadap siswa tuna rungu. Hukuman itu dijatuhkan oleh majelis hakim di Pengadilan Argentina dan disiarkan langsung di stasiun TV lokal.

Dilansir dari Reuters, dua pastor itu adalah Nicola Corradi (83) dan Horacio Corbacho (59), menerima hukuman masing-masing 42 dan 45 tahun penjara. Selain pastor, seorang mantan tukang kebun sekolah juga ikut terseret dalam pusaran kasus ini. Para terpidana tidak dapat mengajukan banding.

“Sementara mantan tukang kebun sekolah, Armando Gomez, dihukum 18 tahun bui,” demikian dikutip dari Reuters, Selasa (26/11/2019).

Selain ketiga tersangka, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga sedang melakukan penyelidikan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan seorang uskup Katolik Roma, Gustavo Zanchetta. Dalam sidang itu, jaksa meminta agar segera Zanchetta ditangkap sebab selalu menghindar saat akan dimintai keterangan.

Kasus ini berawal dari laporan lebih dari 20 alumni sebuah sekolah berkebutuhan khusus, Mendoza’s Antonio Provolo Institute, yang menuduh ketiga tersangka telah berbuat cabul. Tindakan itu mereka lakukan sejak 2004 hingga 2016.