Connect with us

Politik

Pilkades Wates Batal Digelar Karena Tak Ada Calon

Published

on

Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019.

Geosiar.com, Temanggung – Rencana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, batal dilaksankan lantaran tidak ada calon yang mendaftar. Hal itu diungkap oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Plt Kepala Dinpermades) Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono.

“Dari 216 desa di Kabupaten Temanggung yang akan menggelar pilkades serentak pada 9 Januari 2020, satu desa dipastikan batal, yakni Desa Wates Kecamatan Wonoboyo,” ujar Agus Sarwono saat dihubungi, Senin (25/11/2019).

Agus mengatakan, upaya perpanjangan pendaftaran bakal calon kepala desa (Kades) sudah dilakukan hingga 6 November 2019. Namun, lewat waktu perpanjangan pun tetap tidak ada yang mendaftar.

“Meskipun sudah dilakukan perpanjangan pendaftaran bakal calon kades hingga 6 November 2019, tidak ada satu pun yang mendaftar sehingga tidak mungkin melaksanakan pilkades bersama sejumlah desa yang lain pada 9 Januari mendatang,” jelasnya.

Karena pilkades batal digelar, lanjut Agus, maka Kades Wates akan diisi oleh pejabat kades dari aparatur sipil Negara (ASN) hingga pelaksanaan pilkades berikutnya.

“Paling tidak diisi pejabat kades sekitar dua tahun, karena pelaksanaan kades serentak gelombang berikutnya digelar dua tahun lagi,” pungkasnya.

Selain Desa Wates, katanya, Dinpermades juga memantau tahapan pilkades Desa Pesatren Kecamatan Wonoboyo, karena dari dua bakal calon yang mendaftar, satu orang mengundurkan diri.

Selain Desa Wates, Dinpermades Kabupaten Temanggung juga tengah mengawasi pelaksanaan Pilkades Desa Pesatren Kecamatan Wonoboyo. Sebab, desa ini juga mengalami problem di mana satu kandidatnya mengundurkan diri.