Connect with us

Dunia

Pesawat Hantam Rumah di Kongo, 29 Orang Tewas

Published

on

Lokasi jatuhnya pesawat di kota Goma, Republik Demokratik Kongo, Minggu (24/11/2019). (Foto: AP Photo/Justin Kabumba)

Geosiar.com, Goma – Sebuah pesawat komersil berukuran kecil tipe Dornier 228-200 jatuh di lingkungan padat penduduk di kota Goma, Republik Demokratik Kongo pada Minggu (24/11/2019) waktu setempat. Sebanyak 29 orang dilaporkan tewas akibat tragedi ini.

Dilansir dari AFP, Senin (25/11/2019), korban tewas berasal dari penumpang dan awak pesawat serta masyarakat yang berada di lokasi kejadian.

“Sejauh ini, 29 jenazah telah ditemukan di lokasi kejadian,” demikian pernyataan dari kantor pemerintah Gubernur Kivu Utara, dikutip dari AFP, Senin (25/11/2019).

Pesawat yang dioperasikan oleh maskapai lokal Busy Bee itu dilaporkan jatuh tak lama setelah lepas landas. Pesawat itu hendak menuju kota Beni, sekitar 250 km ke utara.

Saat terjadinya insiden, pesawat itu mengangkut 17 penumpang dan dua awak. Dari 19 orang, satu diantaranya dikabarkan selamat dan telah dilarikan ke rumah sakit bersama 16 warga setempat yang mengalami luka-luka.

“Pilot gagal melakukan prosedur lepas landas,” jelas Gubernur Kivu Utara Carly Nzanzu Kasivita.

Kecelakaan pesawat di Kongo relatif sering terjadi. Hal ini disebabkan standar keselamatan yang lemah dan perawatan yang buruk. Bahkan, seluruh maskapai komersial Kongo, termasuk Busy Bee, dilarang beroperasi di Uni Eropa.