Connect with us

Politik

KPU Lakukan Uji Publik PKPU Pilkada 2020

Published

on

KPU gelar uji publik PKPU Nomor 2 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Pilkada 2020 di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019). (Foto: Twitter/KPU)

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan uji publik terhadap dua rancangan Peraturan KPU (PKPU) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Uji publik itu membahas soal tahapan, program dan jadwal pilkada dan pemutakhiran data.

“Hari ini kita akan melakukan uji publik terkait, pertama, PKPU tentang tahapan yang sebetulnya kami sangat berharap ini sudah bisa diundangkan, karena kebutuhan mengumumkan tahapan secepatnya,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Kemudian, PKPU terkait pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih Pilkada 2020. Dia menyebut ada beberapa pasal yang diubah untuk menyesuaikan perkembangan berdasarkan pengalaman di Pilpres lalu.

“Yang kedua kami akan melakukan uji publik terkait dengan PKPU pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, jadi ada beberapa pasal yang harus dimutakhirkan atau direvisi karena mengikuti perkembangan dan berdasarkan pengalaman pada saat pemutakhiran data pemilih di Pileg dan Pilpres yang lalu,” lanjutnya.

Apabila dalam uji publik tersebut, lanjut Arief, tidak ada lagi perdebatan yang dapat mengubah poin-poin dalam PKPU, maka naskah tersebut akan langsung dikirimkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Jadi kalau hari ini tidak ada masukan yang mengubah ketentuan dalam pasal itu, maka setelah uji publik kami langsung mengirimkan ke Kemenkumham untuk bisa diundangkan hari ini,” jelasnya.

Adapun dua PKPU tersebut merupakan atas perubahan PKPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah, serta perubahan PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah.