Connect with us

Lifestyle

Ketahui 5 Kebiasaan yang Bisa Merugikan Diri Sendiri

Published

on

Foto ilustrasi unsplash.com

Geosiar.com, Lifestyle – Memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain memang penting untuk dilakukan. Namun, terkadang kita harus mengetahui batasan dalam membina hubungan itu sebab tak semua hubungan selalu membawa dampak positif bagi diri sendiri.

Apabila kita sadar sudah menghabiskan waktu dengan orang lain ketimbang dengan diri sendiri, maka kita wajib berhenti untuk berpikir kembali. Jangan sampai hubungan yang kita jalin dengan orang lain justru merugikan diri sendiri lo.

Berikut 5 kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri. Sebaiknya dihindari saja deh!

Nggak bisa berkata “tidak”

Membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan memang perlu dilakukan. Tapi, kamu harus berhenti ketika lebih banyak mengerjakan tugas orang lain dibanding milikmu sendiri. Sebab, membantu, mengoreksi, membelikan, atau meminjamkan sesuatu adalah hal-hal kecil yang menyita waktu berhargamu. Apalagi bila kamu tidak bisa menolak atau berkata “tidak” kepada rekanmu saat ia meminta bantuan.

Mencari pengakuan

Melakukan sesuatu hanya untuk dipuji atasan, rekan kerja, teman, atau keluarga merupakan hal yang sangat sia-sia dan selfish. Jika kamu mendapat pengakuan, kamu merasa bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang baik atau jika kamu tidak menerima respon yang diharapkan, kamu merasa yang telah kamu lakukan tidak penting atau buruk. Hal seperti ini wajib kamu hindari.

Suka menghindari perdebatan

Apakah kamu tidak suka berdebat, komplain, atau bertahan pada pendirianmu? atau kamu lebih memilih menerima, sabar, diam, dan menjadi orang baik yang tidak akan memicu konflik? Itu semua hanya ilusi, karena tidak seorang pun akan mempertimbangkan opinimu jika kamu tidak pernah menyampaikannya meski akan muncul perdebatan.

Sering menyalahkan diri sendiri atas kekecewaan orang lain

Marah, sedih, atau kecewa adalah emosi negatif orang lain yang merisaukanmu dan membuat kamu merasa bersalah. Padahal, memang kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Selain itu, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama jika kamu mengalami kekecewaan. Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas rasa kecewa orang lain.

Melakukan hal yang tidak kamu suka

Kamu terjebak dalam permintaan orang lain, seperti orang tua, keluarga, teman, atau pasangan. Kamu jarang menolak sebuah permintaan, maka waktumu banyak terbagi-bagi untuk melakukan permintaan orang, dan tidak satu pun yang sebenarnya membuatmu bahagia.

Lifestyle

Kerpibadian Penyuka Es Krim Banyak Toping, Agresif dan Menarik

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Di gerai-gerai penjual es krim sering kali kita dapati pilihan toping yang dapat ditaburkan di atas es krim atau mungkin ada jenis es krim yang telah dicampur dengan chocochips atau kacang giling.

Dari banyaknya macam varian es krim, ada juga jenis orang-orang yang menyukai es krim rasa cokelat dengan banyak toping.

Menurut penelitian Dr. Alan Hirsch, founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation untuk Baskin Robbins, ia menemukan bahwa orang yang menjadikan es krim jenis ini sebagai favorit ternyata memiliki kepribadian yang agresif dan menarik, tetapi bisa menjadi pendengar yang baik.

Hasil penelitian lainnya dari brand es krim Dreyer’s/Edy’s menyebutkan bahwa penyuka es krim dengan banyak campuan toping merupakan tipe yang goal-oriented, ia punya tujuan hidup yang sudah ditentukan dan ingin diraihnya. Tidak heran jika mereka mudah mendapatkan kesuksesan.

Namun sayang, sifat agresifnya cenderung menyakiti perasan orang-orang di sekitarnya sehingga ia harus lebih peka dengan sekitarnya.

Jadi seperti itulah kepribadian orang-orang yang menyukai es krim topingnya banyak.

Continue Reading

Lifestyle

Menstruasi yang Tidak Lancar? Atasi dengan Cara Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Menstruasi atau haid merupakan perdarahan uterus secara periodik dan siklus yang normal terjadi pada wanita yang sudah mengalami puber.

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami perempuan di mana ditandai dengan keluarnya darah menstruasi dari miss V.

Dikutip dari laman health.com, pada umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 hingga 36 hari. Waktu menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Kendati demikian, setiap perempuan mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang siklusnya lebih pendek dan ada pula yang siklusnya lebih panjang.

Terkait menstruasi yang terjadi dengan siklus panjang atau sering telat, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal itu mulai dari stres, pola hidup tak sehat, adanya risiko penyakit, konsumsi pil KB, gejala menopause, adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan beberapa hal lainnya.

Ketika mendapati siklus menstruasi tidak lancar atau sering telat, apa yang biasa anda lakukan?

Para ahli menyatakan, apabila pengobatan untuk siklus menstruasi yang tidak lancar sebaiknya disesuaikan dengan penyebab kenapa menstruasi tak lancar. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi siklus menstruasi tidak lancar. Cara tersebut mulai dari menerapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Pola hidup tak sehat dan tidak teratur menjadi penyebab utama kenapa menstruasi tak lancar.

Upaya selanjutnya supaya menstruasi lancar yakni ganti alat kontrasepsi, lakukan pengobatat tiroid jika penyebab tidak lancarnya menstruasi karena masalah tiroid dan lakukan pengobatan PCOS. Pastikan untuk mencari tahu kenapa siklus menstruasimu tidak lancar dan konsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya.

Hindari stres, lelah berlebih dan melakukan aktivitas yang terlalu berat agar siklus menstruasi kembali lancar. Jaga berat badan tubuh agar tidak terlalu kurus dan terlalu gemuk. Berat badan yang tidak ideal juga dapat berpengaruh pada siklus menstruasi. Miliki waktu istirahat, olaharga dan konsumsi air putih cukup ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

Continue Reading

Lifestyle

Kepribadian Penyuka Es Krim Toping Kacang, Teliti dan Penurut

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Es krim bisa dijadikan sebagai dessert yang cocok dinikmati setelah makan makanan asin gurih. Ada sejumlah varian rasa es krim yang disukai banyak orang. Namun pernahkah kalian bertemu orang yang sangat menyukai es krim yang diberi banyak toping atau campuran kacang di dalam es krim itu.

Ternyata ada beberapa orang yang menyukai perpaduan es krim lembut dengan kacang yang dicampurkan di dalamnya. Ternyata mereka memiliki kepribadian yang unik.

Dr. Alan Hirsch, founder Smell and Taste Treatment and Research Foundation, untuk Dreyer’s/Edy’s dalam penelitiannya menemukan bahwa orang yang suka es krim dicampur kacang adalah orang yang teliti, penurut, penuh hormat dan memegang norma baik di dalam masyarakat.

Mereka adalah tipe orang yang lurus, tidak tertarik keluar dari aturan yang ada dan mengetahui benar dan salah sehingga seringkali takut menyakiti hati atau perasaan orang lain. Hal tersebut yang membuat penyuka es krim kacang disukai banyak orang, tetapi juga sekaligus sering membuat dirinya sendiri stres karena terlalu membatasi diri.

Jadi, apabila dirimu penyuka es krim toping kacang, begitulah sudah pasti kepribadianmu.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com