Connect with us

Lifestyle

Ketahui 5 Kebiasaan yang Bisa Merugikan Diri Sendiri

Published

on

Foto ilustrasi unsplash.com

Geosiar.com, Lifestyle – Memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain memang penting untuk dilakukan. Namun, terkadang kita harus mengetahui batasan dalam membina hubungan itu sebab tak semua hubungan selalu membawa dampak positif bagi diri sendiri.

Apabila kita sadar sudah menghabiskan waktu dengan orang lain ketimbang dengan diri sendiri, maka kita wajib berhenti untuk berpikir kembali. Jangan sampai hubungan yang kita jalin dengan orang lain justru merugikan diri sendiri lo.

Berikut 5 kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri. Sebaiknya dihindari saja deh!

Nggak bisa berkata “tidak”

Membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan memang perlu dilakukan. Tapi, kamu harus berhenti ketika lebih banyak mengerjakan tugas orang lain dibanding milikmu sendiri. Sebab, membantu, mengoreksi, membelikan, atau meminjamkan sesuatu adalah hal-hal kecil yang menyita waktu berhargamu. Apalagi bila kamu tidak bisa menolak atau berkata “tidak” kepada rekanmu saat ia meminta bantuan.

Mencari pengakuan

Melakukan sesuatu hanya untuk dipuji atasan, rekan kerja, teman, atau keluarga merupakan hal yang sangat sia-sia dan selfish. Jika kamu mendapat pengakuan, kamu merasa bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang baik atau jika kamu tidak menerima respon yang diharapkan, kamu merasa yang telah kamu lakukan tidak penting atau buruk. Hal seperti ini wajib kamu hindari.

Suka menghindari perdebatan

Apakah kamu tidak suka berdebat, komplain, atau bertahan pada pendirianmu? atau kamu lebih memilih menerima, sabar, diam, dan menjadi orang baik yang tidak akan memicu konflik? Itu semua hanya ilusi, karena tidak seorang pun akan mempertimbangkan opinimu jika kamu tidak pernah menyampaikannya meski akan muncul perdebatan.

Sering menyalahkan diri sendiri atas kekecewaan orang lain

Marah, sedih, atau kecewa adalah emosi negatif orang lain yang merisaukanmu dan membuat kamu merasa bersalah. Padahal, memang kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Selain itu, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama jika kamu mengalami kekecewaan. Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas rasa kecewa orang lain.

Melakukan hal yang tidak kamu suka

Kamu terjebak dalam permintaan orang lain, seperti orang tua, keluarga, teman, atau pasangan. Kamu jarang menolak sebuah permintaan, maka waktumu banyak terbagi-bagi untuk melakukan permintaan orang, dan tidak satu pun yang sebenarnya membuatmu bahagia.