Connect with us

Sumut

Jadikan Sampah Nilai Ekonomis, Akhyar Nasution Resmikan Bank Sampah Puspa

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meresmikan The Grade Clean dan Gold  Bank Sampah Pusat Pasar (Puspa) di Jalan Thamrin, Kelurahan Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Senin (25/11/2019). Dengan kehadiran bank sampah, kini sampah bukan jadi masalah lagi dan memiliki nilai ekonomi dan bisa menjadi emas.

Kehadiran Bank Sampah Puspa yang diinisiasi PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan sangat diapresiasi Plt Walikota. Sebab, dinilai sangat positif dalam membangun kepedulian masyarakat sehingga dapat memanfaatkan sampah yang selama ini dianggap sebagai masalah menjadi bernilai sangat ekonomis.  Ditambah lagi, sampah yang ada di bank sampah ini sudah dipilah menurut jenisnya sehingga sangat efektif mengurangi sampah yang kian hari semakin meningkat.

Dikatakan Akhyar, Kota Medan setiap harinya menghasilkan sebanyak 2.000 ton setiap harinya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.500 ton sampah telah diangkut Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Lalu, 300 ton sampah telah diambil goni botot, termasuk sejumlah bank sampah dan 50 ton sampah lagi diambil para pemulung.

Sisanya yang 150 ton lagi, ungkap Akhyar, disembunyikan masyarakat di lahan-lahan kosong sehingga menyulitkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengangkutnya.  “Sampah yang 150 ton ini baru ketahun setelah menumpuk dan menyebarkan bau busuk. Selain ditumpuk di lahan kosong, sampah itu juga dibuang ke parit maupun sungai. Inilah yang menjadi kendala kita selama ini,” kata Akhyar.

Oleh karenanya Akhyar mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan dengan menghadirkan Bank Sampah Puspa. “Kehadiran Bank Sampah Puspa mengandung potensi ekonomi kerakyatan yang cukup tinggi, karena memberikan hasil nyata bagi masyarakat dalam bentuk peluang kerja  dan penghasilan tambahan. Mari kita ambil manfaat sampah ini dengan berpedoman pada istilah from trash to cash,” ungkapnya.

Akhyar selanjutnya berharap agar pengembangan bank sampah ini nantinya harus menjadi milestone perwujudan pembangunan yang mengentaskan kemiskinan (pro job) dan pembangunan yang melindungi serta melestarikan lingkungan hidup (pro enviropment). “Semoga kehadiran bank sampah ini dapat bermanfaat bagi wargga sekitar,” ungkapnya.

Di kesempatan itu,  Akhyar juga mengungkapkan, selain melalui bank sampah, ada juga yang telah mengelola sehingga memiliki nilai ekonomi. Salah satunya, jelas Akhyar, seperti yang dilakukan masyarakat di Kecamatan Medan Amplas. Dikatakannya, sampah organik dengan menggunakan biaya yang murah telah dikonversi menjadi briket (bahan bakar). “Pasar briket sedang ditunggu sebagai pengganti batu bara. Selain mengatasi masalah kebersihan, tentunya langkah ini juga membuka lapangan kerja baru,” paparnya.

Sebelumnya, Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Hakim Setiawan menjelaskan, pendirian Bank Sampah ini sebagai bentuk kepedulian dalam mendukung Pemko Medan mewujudkan kebersihan lingkungan. Hakim menjelaskan, selain Jalan Thamrim, PT Pegadaian sebelumnya juga telah mendirikan bank sampah di Jalan Bromo Medan. Dengan demikian sudah dua bank sampah yang telah didirikan.

“Pendirian dua bank sampah ini sebagai bukti PT  Pegadaian siap membantu program pemerintah dalam menangani sampah. Apalagi kita lihat volumedi Kecamatan Medan Kota ini cukup banyak. Itu sebabnya kita memilih mendirikan bank sampah di Kecamatan Medan Kota. Kita berharap apabila  sampah dapat ditangani dengan baik, maka akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Hakim seraya menambahkan, masyarakat yang menabungkan sampahnya akan memproleh tabungan emas, sedangkan sampah yang ditabung selanjutnya akan didaur ulang.

Kemudian Hakim menuturkan, total bantuan yang dikucurkan PT pegadaian  untuk The Gade Clean & Gold Kelurahan Pusat Pasar sebesar 202.737.000. Termasuk, pemberian satu unit becak bermotor untuk pengangkut sampah. Plt Wali Kota sempat mencoba dan mengederaai becak bermotor pengangkut sampah yang bwarna hijau tersebut.

Peresmian Bank Sampah Puspa ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilakukan Plt Wali Kota bersama Pimpinan Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Hakim Setiawan didampingi sejumlah deputi diantaranya Indra Firmansyah (Deputi Operasional), Suhadi (Deputi Bisnis Medan I) dan Anhar Nasution (Deputi Bisnis Medan ll) serta Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan bank sampah dan taman yang ada di sebelah bank sampah. (lamru)

Advertisement

Sumut

GAMKI Diharapkan Berperan Ikut Membangunan Kota Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution diwakili Hannalore Simanjuntak menghadiri Perayaan Natal Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut berlangsung khidmat dan meriah di Pardede Hall Medan, Jumat (6/12/2019). Ribuan umat Kristiani larut dalam suka cita perayaan yang mengagungkan kebesaran sekaligus memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus bagi umat Kristiani. Diharapkan perayaan tersebut terus menumbuhkan rasa cinta kasih pada Tuhan serta sesama.

Perayaan Natal diharapkan menjadi momentum semakin mempererat hubungan baik antar umat beragama yang selama ini telah terjalin di Kota Medan.

Dikatakan Plt Walikota melalui Hannalore, Natal menjadi hari yang sangat dinanti umat Kristiani di seluruh belahan dunia termasuk Kota Medan. Sebab, kesempatan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga besar untuk melewati dan mengisi hari dengan berbagai kegiatan khususnya ibadah bersama. “Ini hari besar bagi umat Kristiani. Maka larutlah dalam suka cita dan damai kasih natal,” kata Hannalore usai menghadiri acara.

 Selanjutnya, diharapkan agar GAMKI dapat menjadi organisaai pemuda Kristen yang senantiasa menanamkan dan melakukan hal-hal baik dalam ajaran Tuhan terlebih dalam bersosialisasi di tengah masyarakat Kota Medan yang heterogen. Dengan begitu akan tergambar wajah Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis.

Disamping itu, GAMKI juga diajak menjadi motor penggerak bagi pemuda Kristen lainnya untuk mendukung penuh setiap program Pemko Medan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan baik yang telah maupun tengah dilakukan sehingga dapat bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Pemuda adalah garda terdepan perubahan bangsa khususnya untuk Kota Medan. Oleh sebab itu, kami mengajak GAMKI untuk dapat ikut aktif berkontribusi dan mengambil peran serta bagian dalam mendukung pembangunan kota lewat program-program yang dimiliki. Mari berikan dan lakukan yang terbaik,” ajaknya. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Natal Driver Gojek Tebing Tinggi Berlangsung Meriah

Published

on

Perayaan natal Gojek Tebing Tinggi di Gedung GKII Jalan Lama Kecamatan Rambutan, Rabu (4/12/2019) malam. (Foto: ahs/geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Perayaan Natal Driver Gojek se-Kota Tebing Tinggi berlangsung sangat meriah dengan dihadiri ratusan jemaat beserta keluarga, Rabu (4/12/2019) bertempat di Gedung GKII Jalan Lama Kecamatan Rambutan.

Pdt Loster Munthe S.Th dalam khotbahnya yang diambil dari Alkitab Kolose 3:23 mengatakan, agar seluruh tim Driver Gojek selalu bersuka cita dan saling mendukung dalam doa, baik kepada pimpinan Gojek ditempat bekerja begitu juga kepada seluruh keluarga.

” Dimanapun kita berada mintalah bantuan kuasa Tuhan agar selalu memberkati langkah dan perjuangan tim Driver Gojek. Di hari Natal ini betul-betul kuasa Tuhan kita terima dan mari kita meningkatkan pelayanan dimanapun kita berada,” ujar Pdt Munthe.

Sementara itu, Ketua Natal Parlinggoman Simanjuntak didampingi Sekretaris Yohanes Wesley Hutagaol dan Bendahara Andrew Rimanov Situmorang mengatakan natal Driver Gojek kali ini mengusung tema “Do Everything for God”. Hal ini menandakan agar setiap kegiatan yang dilakukan tim Gojek hanya diperuntukan bagi kemuliaan Tuhan.

Perayaan natal ini dimeriahkan dengan liturgi, kemudian diakhiri dengan pemutaran video perjuangan driver di lapangan yang membuat para istri driver terharu. Di penghujung acara, para driver membagikan setangkai bunga mawar kepada istrinya masing-masing sambil berpelukan suasana menjadi haru karena disertai isak tangis dan seluruh tim driver juga saling bersalam dengan mengucapkan “Malam Natal yang Indah”. (AHS)

Continue Reading

Sumut

Perayaan Natal Partona Rampah Berlangsung Khidmat

Published

on

Perayaan Natal Punguan Parsadaan Toga Nainggolan (PARTONA) Sei Rampah, Jumat (6/12/2019) pukul 15.00 WIB. (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Perayaan Natal Punguan Parsadaan Toga Nainggolan (PARTONA) Sei Rampah dan sekitarnya berlangsung dengan khidmat. Natal ini mengambil tema “Alangkah Baiknya dan Indahnya. Apabila Saudara Diam Bersama dengan Rukun” dan Sub tema “Dengan Perayaan Natal Partona Kita Saling Menyayangi, Bersatu dan Damai”.

Natal berlangsung di Kediaman A. Manurung yang berlokasi di Dusun I, Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, Serdang Bedagai (Sergai) pada Jumat (6/12/2019) pukul 15.00 WIB.

Perayaan Natal Partona ini dihadiri oleh Pdt Tunggul Siregar.S.Th, penasehat Partona Purn Kompol L. Lumban Raja, Ketua Umum Partona S.E. Nainggolan, serta kumpulan boru/bere/ibebere Nainggolan.

Penasehat Partona, (Purn) Kompol L. Lumban Raja mengatakan, perayaan natal Partona ini dirayakan secara bersama oleh keturunan marga Nainggolan, Boru, Bere, dan Ibe Bere, dengan harapan menjadi wadah pemersatu serta mempererat tali kasih persaudaraan. 

“Dengan sikap kebersamaan dan menjadi ajang silaturahmi antarsesama marga Nainggolan di manapun berada. Serta mengajak seluruh keluarga Partona agar sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu diam bersama dengan rukun,” kata Lumban Raja dalam sambutannya.

Dia berharap, melalui perayaan natal ini bisa terjalin silaturahmi serta terciptanya rasa saling mengasihi bagi seluruh keturunan Nainggolan, agar semakin meningkatkan kepedulian kepada sesamanya. 

Hal senada juga diucapkan Ketua Partona SE Nainggolan. Menurutnya, perayaan natal dapat menimbuhkan rasa saling berbagi dan mengenal satu sama lain sehingga terjalin kekompakan dan kerukunan antarsesama.

”Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena terlaksananya perayaan natal Partona ini. Dengan perayaan natal ini, kita akan menjadi kompak dan rukun serta ke depannya Partona yang ada di Sei Rampah menjaga kerukunan di antara kita dan juga terhadap lingkungan serta kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Dengan perayaan natal ini memberikan pesan rasa persaudaraan, setelah terjalin keakraban akan semakin meningkatkan hubungan kekeluargaan di seluruh anggota. Para anggota Partona yang kurang aktif agar lebih aktif ke depannya,” pungkasnya

Dari pantauan, acara natal tersebut berlangsung penuh dengan khidmat dan meriah. Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan makan bersama sambil dihibur dengan kegiatan anak-anak Partona, paduan suara dan koor Nainggolan. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com