Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution Apresiasi Rencana Pelaksanaan Natal Pemko Medan 2019

Published

on

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019). [Foto: dok. Pemko Medan]

Geosiar.com, Medan – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi rencana pelaksanaan perayaan Natal Pemko Medan Tahun 2019 yang akan digelar di gedung TD Pardede Hall pada 10 Desember mendatang. Hal itu diungkapnya saat menerima audiensi Panitia Natal Pemko Medan di Balai Kota Medan, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, Kota Medan merupakan kota metropolitan yang multikultural. Artinya, semua agama dapat merayakan dan mengekspresikan kepercayaannya masing-masing dengan aman dan nyaman.

“Siapapun berhak merayakan hari besar keagamaan dan kepercayaannya masing-masing. Medan adalah rumah kita. Artinya kita semua adalah keluarga besar yang terhimpun dalam satu rumah besar yakni Kota Medan. Harmonisasi dan kerukunan senantiasa dapat tercipta selama kita semua saling menghargai,” ujar Akhyar.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lebih jauh, ia juga mengapresiasi rencana panitia yang akan membagikan 1.200 tumbler (botol air minum isi ulang) secara gratis kepada jemaat yang hadir. Menurutnya, hal ini selaras dengan fokus Pemko Medan yang tengah gencar menyosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dalam aktifitas sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Kota Medan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Kita semua tentu mengetahui bahwa masalah sampah masih jadi masalah klasik yang kita hadapi, terutama sampah plastik. Oleh karenanya, rencana pembagian tumbler tersebut tentu sangat baik apalagi diberikan pada saat Natal di mana banyak jemaat yang hadir nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia natal Pemko Medan, Dra. Hannalore Simanjuntak, M.IP manyampaikan bahwa perayaan natal kali ini diperkiran akan dihadiri sekitar 5000 orang. Karena itu, panitia berharap agar Plt Wali Kota Medan juga bisa hadir dalam perayaan keagamaan Kristen tersebut.

“Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dan kehadiran bapak Plt wali kota Medan untuk bersama kami merayakan natal ini,” pinta Hannalore dalam audiensinya.

Menurut keterangan panitia, perayaan natal ini nantinya akan diisi dengan kebaktian, paduan suara, serta hiburan dari artis ibukota Judika. Selain persiapan pelaksanaan natal Pemko Medan tahun 2019, dalam audiensi ini juga diserahkan draft kepengurusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Daerah (LP3KD) Kota Medan kepada Plt Wali Kota Medan.

Sumut

Dinas Kesehatan Kota Medan Gelar Perayaan Natal

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ribuan tamu undangan hadir bersama keluarga mereka untuk mengikuti perayaan natal yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan di Danau Toba Convention, Jumat (6/12/1019). Sebelum acara dimulai, acara terlebih dahulu diawali dengan rangkaian ibadah. Tampak seluruh tamu undangan mengikuti rangkaian acara dengan penuh suka cita.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Dirut RSUD Dr Pirngadi Kota Medan Suryadi Panjaitan mengatakan Hari Natal bagi umat kristiani merupakan momentum untuk melaksanakan  ibadah yang amat sakral, sehingga setiap umat kristiani sangat menghormatinya sebagai hari yang amat suci. Natal juga berarti penyebaran kasih tuhan kepada seluruh manusia, tanpa melihat latar belakang agama, budaya, adat-istiadat dan lain sebagainya.

“Karenanya, saya mengajak kita semua yang ada disini untuk terus memberikan kasih kepada sesama, menebar benih kebaikan dan menghilangkan rasa permusuhan, apalagi sesungguhnya kita semua adalah satu kesatuan  yang diikat dengan tali persaudaraan. Sebangsa dan  setanah air,” kata Suryadi.

Di sisi lain, jelas Suryadi umat kristiani juga patut bersyukur bahwa perayaaan natal tahun ini berlangsung dalam suasana tenang, aman, dan damai. Suasana seperti ini dapat dibangun dan hadirkan, atas dasar saling percaya dan saling menghormati. Semakin mampu menjamin solidaritas dan toleransi di antara sesama pemeluk agama dalam kehidupan yang makin harmonis.

“Saya berharap Dinas Kesehatan Kota Medan dapat mendukung Pemko Medan dengan berusaha sekuat tenaga mencari terobosan dan cara baru, guna mempercepat kesejahteraan rakyat serta memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat kota medan,” harapnya.

Selain itu Suryadi juga mengungkapkan sebulan ke depan juga akan memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2020. Maka dari itu setiap orang harus bersiap diri untuk melanjutkan pembangunan bangsa, khususnya Kota Medan menuju masa depan yang lebih baik. Seperti yang diketahui, pembangunan bangsa adalah sebuah proses panjang yang harus dijalani bersama.

“Pengalaman menunjukkan, di samping tidak sedikit hasil yang telah kita capai, namun perjalanan kita tidak pernah sepi dari tantangan dan permasalahan. Menghadapi ini semua, kita harus tetap kuat dan tegar, seraya terus bersatu dan bekerja keras. Kita harus tetap optimis, di tahun-tahun mendatang kita dapat mencapai hasil yang lebih banyak,” sebutnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi berharap, dengan diadakannya perayaan natal ini dapat memperkuat kekeluargaan diantara kita semua. Sebab dengan semangat kekeluargaan dapat mendukung tugas-tugas yang ada di Dinas Kesehatan Kota Medan. “Dengan adanya semangat kekeluargaan yang kita jalin selama ini dapat membangun rasa saling kekerabatan yang dimana nantinya dapat membantu tugas yang ada dilingkup Dinas Kesehatan Kota Medan,” harap Edwin.(lamru)

Continue Reading

Sumut

Disdik Sergai Gelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019

Published

on

Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019 Pemkab Serdang Bedagai di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (6/12/2019) malam. [Foto: art/geosiar.com]

Geosiar.com, Sergai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (6/12/2019) malam.

Acara malam anugrah itu dihadir Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin, Stafsus Komisi X DPR RI Facrulsyah Mega, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, anggota DPRD, Kadis Pendidikan beserta jajaran, Kepala OPD, 

Camat Pantai Cermin Erfin Fachrurrazi, Korwil Bidang Pendidikan, Direktur TMC Medan Taslim Moeis, Penggiat Budaya Mas Purwadi, Pengawas TK/SD, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SD/SMP se-Sergai, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, serta para undangan.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bupati beserta Forkompimda serta para undangan lainnya. Joni juga memberikan apresiasi terhadap Tim Penilai Inovasi Sekolah yang telah bekerja sangat baik dalam melakukan penilaian hingga terselenggaranya kegiatan ini. 

“Apa yang kita buat hari ini adalah cerminan kegiatan yang sama kita lakukan tahun lalu, memberikan penghargaan kepada sekolah yang berinovasi. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai bentuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan,” katanya.

Dia berkata, banyak orang yang menanyakan apa yang sudah dilakukan Dinas Pendidikan selama ini. Dia mengaku masih banyaknya kekurangan di tubuh dinas. Oleh karena itu, dia mengharapkan adany kritik dan saran guna membuat Disdik Sergai lebih baik lagi.

“Mari kita semua saling sinergi, seperti halnya para Kepala Sekolah dan guru yang telah saling mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi para guru, siswa bahwa tidak ada yang namanya superman, namun yang ada adalah super team dengan selalu menjaga kekompakan agar mewujudkan sekolah unggul, inovatif dan berkelanjutan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sergai Soekirman juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, acara itu acara itu menjadi bukti bahwa Disdik Sergai sudah mengalami banyak perubahan.

“Pesan kepada semua guru-guru saya, kami bangga dengan kalian, dengan kreativitas dan inovasi kalian, jangan minder karena apa yang telah kalian lakukan adalah kebanggaan bagi kami semua,” ujar Soekirman.

Dia berharap, sekolah-sekolah yang ada di Sergai dapat termotivasi dengan digelarnya penghargaan seperti ini guna meningkatkan mutu pendidikan. Tak lupa, ia mengajak guru untuk terus berinovasi demi memajukan pendidikan khususnya Kabupaten Sergai.

“Saya ingatkan hari ini penghargaan tinggi saya berikan kepada para peraih inovasi pendidikan. Sebab kegiatan seperti ini bisa jadi baru Sergai yang menggelar kegiatan dalam rangka mengapresiasi sekolah-sekolah yang berinovasi meningkatkan mutu pendidikannya.

Jika guru tidak move on maka kita akan sulit berkembang,” pungkas Bupati. 

Adapun  kategori penilaian meliputi inovasi tata laksana manajerial sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, administrasi pembelajaran, penataan lingkungan serta pelaksanaan literasi di sekolah.

Berikut daftar pemenang dari masing-masing kategori: 

Anugerah Inovasi Manajerial Pendidikan Jenjang SD

Nominasi Best of The Best Inovasi Pendidikan: SDN 104325 Kampung Manggis.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran: SDN 102059 Sarang Giting.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah: SDN 102011 Sei Buluh.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah: SDN 104267 Pegajahan.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah: SDN 106192 Kampung Besar Kecamatan Pantai Cermin.

Anugerah Inovasi Manajerial Pendidikan Jenjang SMP

Nominasi Best of The Best Inovasi Pendidikan: SMPN 1 Pantai Cermin.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran: SMPN 2 Perbaungan.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah: SMPN 1 Dolok Masihul.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah: SMPN 2 Dolok Masihul.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah: SMPN 1 Pegajahan.

Selain itu, terdapat penghargaan sekolah inspiratif untuk beberapa sekolah diantaranya SMPN 2 Tanjung Beringin, SDN 106206 Sidodadi, serta SDN 104304 Pergulaan dan beberapa sekolah lainnya. (art)

Continue Reading

Sumut

Raih 266 Suara, Ely Nina Kharina Terpilih Senat Mahasiswa UNIMED.

Published

on

Medan, Geosiar.com – Perhelatan pemilihan Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas Negeri Medan Periode 2019-2020 yang digelar Jumat (06/12/2019) berlangsung lancar.

Dalam acara pemilihan raya itu, Ely Nina Kharina (foto), salah satu Calon Senat Mahasiswa (SEMA) Unimed perwakilan FIP Unimed, berhasil unggul telak dengan perolehan 266 suara dan membuatnya menjadi peraih suara terbanyak dari utusan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mantan Anggota Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan ini meninggalkan jauh perolehan suara para pesaingnya.

Ely, yang Juga Bendahara Umum GEMAPEL ini, langsung sujud syukur mengucapkan Terimakasih karena telah berhasil meraih hasil yang sangat memuaskan.

“Ini adalah Amanah yang harus saya jaga dan saya tepati. Saya berjanji akan menjadi penyambung aspirasi mahasiswa dan berjuang diantara mereka. Karena saya adalah mereka, dan mereka adalah saya. Tanpa mereka, saya tidaklah bisa menjadi apa-apa,” ujarnya terharu.

Pada kesempatan itu, Ely tidak luput mengucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman yang sudah membantu dalam mensosialisasikan visi-misinya kemarin. “Tanpa bantuan mereka, mungkin tidak akan banyak yang percaya dan optimis akan visi misi yang saya rancang,” akhirnya. (rel)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com