Connect with us

Sumut

Plt Wali Kota Medan Kukuhkan 120 Kader Bela Negara

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengukuhkan sebanyak 120 pemuda/i Kota Medan yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara tahun anggaran 2019. Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan tanda pin kader bela negara melalui prosesi upacara di Lap Batalyon Komando 469 Paskhas, Rabu (20/11/2019).

Dikatakan Akhyar, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Hal ini sesuai dengan pasal 4 ayat 1 undang-undang tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Sementara, jelas Akhyar di pasal 4 ayat 2 turut menyebut, keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit tentara nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib, dan juga pengabdian sesuai dengan latar belakang profesi masing-masing.

“Hal ini penting mengingat bahwa secara politik, kita bisa menjadi negara demokrasi yang mapan dengan politik yang berkualitas. Secara budaya, tradisi dan modernitas, kita bisa tumbuh berdampingan secara harmonis. Secara sosial, rakyat bisa hidup bebas, rukun dan bahagia dari sabang hingga merauke jika pertahanan dan ketahanan negara kita solid dan kuat,” jelas Akhyar.

Disamping itu, Plt Wali Kota juga mengungkapkan bahwa bela negara ini merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia yang berusia 50 tahun ke bawah. Doktrin bela negara merupakan sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara, dalam hal ini di Indonesia diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan.

“Program ini tidak sama dengan wajib militer yang ada di Korea Selatan. Di Korea Selatan, semua warga negaranya wajib ikut karena secara de facto status mereka masih gencatan senjata dengan Korea Utara alias masih dalam situasi perang. Sedangkan Indonesia telah merdeka selama 74 tahun,” ungkapnya.

Untuk itu, Akhyar menambahkan, program bela negara di Indonesia ini tujuannya adalah untuk menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia tercinta dengan TNI sebagai komponen utama dan rakyat sebagai pendukungnya. Selain itu juga harus menyiapkan komponen-komponen pendukung dari seluruh rakyat Indonesia dari semua sektor, baik seorang petani, nelayan, swasta, akademisi, anggota parpol, anggota ormas dan sebagainya.

“Saya yakin, bangsa Indonesia tidak akan pernah lagi bisa dijajah atau dikuasai negara lain jika seluruh rakyat mau menjadi komponen pertahanan negara di bawah konsep pertahanan rakyat semesta,” harapnya. (lamru)

Advertisement

Sumut

Bobby Nasution Daftar Calon Wali Kota Medan ke NasDem

Published

on

Bobby Nasution Daftar Calon Wali Kota Medan ke NasDem

Geosiar.com, Medan – Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, hari ini, Rabu (22/1/2020) mendaftarkan diri menjadi calon wali kota (cawalkot) Medan ke Partai NasDem. Dirinya berharap agar mendapat rekomendasi dari NasDem.

Bobby mengunjungi kantor DPW NasDem Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Mongonsidi, Medan. Bobby disambut oleh Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar.

“NasDem masih membuka peluang untuk para putra-putri terbaik Kota Medan. Makanya saya sebagai salah satu yang niat untuk ikut pesta, mendaftar ke NasDem juga,” tutur Bobby.

Bobby mendaftarkan diri ke NasDem lantaran partai tersebut mempunyai kursi di DPRD Kota Medan. Tak hanya itu, Bobby menyebut NasDem adalah partai yang ikut membangun Kota Medan

Sementara Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar mengatakan Bobby tidak akan mendapatkan prioritas dari NasDem. Bobby juga bakal mengikuti mekanisme menjadi cawalkot Medan.

“Bobby dari awal sudah masuk radar kita (NasDem), tapi mekanisme partai tetap kita jalankan. Artinya kita juga masih menunggu masih ada calon yang lebih baik atau tidak,” ungkap Iskandar.

Bobby adalah orang ke-12 yang mendaftarkan diri menjadi cawalkot Medan ke NasDem. DPW NasDem Sumut akan membuka pendaftaran cawalkot Medan hingga awal Maret 2020 mendatang.

Continue Reading

Sumut

Ibu Iriana Jokowi Tiba di Kualanamu Gunakan Jalur Umum

Published

on

Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Kualanamu International Airport dengan menggunakan jalur kedatangan umum di terminal domestik. (Waspada.id)

Geosiar.com, Medan – Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo (Jokowi), mendarat di Kualanamu International Airport (KNIA), dengan pesawat Batik Air pada Rabu (22/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut pantauan, saat tiba di Bandara Kualanamu, Iriana menggunakan jalur umum dari terminal kedatangan domestik. Tidak terlihat pengawalan istimewa, cuma didampingi oleh beberapa petugas dari Paspampres mengawal dari terminal kedatangan domestik hingga ke parkiran mobil penjemputan yang sudah standby di depan Railink Kualanamu.

Setibanya Ibu Iriana di KNIA terpantau santai atau tidak begitu mengundang perhatian penumpang. Dirinya mengenakan kemeja batik kecoklatan tanpa menutup kepala dan di tangannya menenteng tas tenteng warna hitam.

Hanya beberapa orang yang tampak ada di KNIA mengenalnya. Dan berbisik-bisik menandakan mereka tak parcaya bahwa yang lewat merupakan ibu negara.

“Tak percaya bahwa yang barusan lewat ibu negara Iriana Jokowi karena penampilanya sederhana dan datangnya dari terminal penumpang umum,” ungkap salah satu pengguna jasa bandara.

Dikutip dari analisadaily, kedatangan Iriana guna menjenguk cucu di kota Medan.

Continue Reading

Sumut

Sekeluarga Jadi Korban Pembacokan di Langkat, Pelaku Sedang Diburu

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Medan – Satu keluarga di Kecamatan Stabat, Langkat, Sumatera Utara (Sumut) dilaporkan jadi korban pembacokan. Korban mengalami luka di sejumlah bagian tubuhnya. Saat ini polisi tengah memburu pelakunya.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah korban di Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Langkat, Sumut, pada Selasa (21/1/2020) malam.

Adapun korban yang merupakan satu keluarga, bernama Eliawati (42), beserta anaknya Adona (28) dan cucunya Adinda (7). Mereka dibacok hingga terluka di bagian kepala, tangan dan sekitar dada. Pelaku diduga kenal dengan korbannya tersebut.

Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Teuku Fathir Mustafa membenarkan peristiwa tersebut. Kini petugas sedang fokus mengejar pelaku yang sudah dikantongi identitasnya.

“Iya, ada 3 korban penganiayaan. Pelakunya sedang dalam pengejaran kami,” kata Kasat AKP Teuku Fathir.

Fathir melaporkan, korban langsung dilarikan ke RS setempat guna mendapat perawatan intensif.

“Untuk kondisi korban, Alhamdulillah sehat. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit atas luka yang dialaminya,” tutur Fathir.

Mengenai motif pelaku melakukan aksi tersebut. Termasuk, apakah antara pelaku dan korban saling kenal, polisi masih enggan memberikan keterangan secara detail.

“Nanti setelah pelaku diangkap kita sampaikan. Kita masih fokus ke pengejaran pelaku,” ungkap Fathir.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com