Connect with us

Sumut

Pemko Pematangsiantar Gelar Fashion Show Hari Ulos 2019

Published

on

Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah (baju putih) dalam acara fashion show di Hotel Sapadia dalam rangka memperingati Hari Ulos 2019. [Foto: dok. metrorakyat]

Geosiar.com, Pematangsiantar – Pemerintah Kota Pematangsiantar menggelar perlombaan fashion show dalam rangka memperingati Hari Ulos 2019 di Hotel Sapadia, Kota Pematangsiantar, Kamis (21/11/2019).

Acara itu dihadiri oleh Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah, perwakilan Ketua DPRD Pematangsiantar Jani Apohan Saragih SH, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah Hutabarat, dan perwakilan Partuha Maujana Kota Pematangsiantar.

Dalam kata sambutannya, Hefriansyah berharap agar ulos dapat terus dilestarikan sebagai warisan budaya. Ia mengatakan, pelestarian ulos menjadi tanggungjawab bersama, termasuk generasi muda.

“Melestarikan ulos sebagai warisan budaya sehingga tetap dikenal oleh generasi muda, menjadi tanggungjawab kita bersama. Terutama kepada anak-anak kami sebagai generasi penerus, agar lebih dini mengenal budaya ulos. sehingga ulos tidak hilang akibat budaya modren yang sangat cepat berkembang,” tutur Hefriansyah, Kamis (21/11/2019).

Perlombaan fashion show ini diikuti 68 peserta yang dibagi dalam tiga kategori, anak-anak (usia 6-12 tahun) sebanyak 30 orang, kategori remaja (13-16 tahun) sebanyak 19 orang, dan kategori dewasa (17 tahun ke atas) sebanyak 19 orang.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Pematangsiantar, Jadimpan Pasaribu mengharapkan lomba fashion show ini membuat masyarakat termotivasi untuk berkreasi menjadikan ulos sebagai bahan pakain sehingga ulos bisa tetap dilestarikan.