Connect with us

Sumut

Terduga Teroris di Medan Gak Hafal Pancasila dan Indonesia Raya

Published

on

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto.

Geosiar.com, Medan – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengungkapkan, 26 terduga teroris yang ditangkap di Sumut tidak bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga tak hafal Pancasila. Hal itu diketahui ketika para teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu diperiksa secara intensif.

“Saat diinterogasi, sebagian besar dari para tersangka itu tak bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, gak Hafal Pancasila, dan ditanya cinta Indonesia, mereka diam aja,” tutur Kapolda Agus saat dikonfirmasi, Rabu (20/11/2019).

Lebih lanjut, Agus mengaku cukup sulit untuk mengorek informasi dari para teroris, sebab pihaknya hanya bisa bertindak jika para teroris turut beraksi. Namun, satu hal yang sudah pasti bahwa teroris ini memiliki jaringan cukup besar.

“Kalau mereka tak beraksi, kita juga tidak bisa melakukan penindakan. Setelah mereka melakukan aksi, kita melakukan pendalaman. Mereka ternyata berjaring cukup besar,” jelasnya.

Seperti diketahui, polisi dan Densus 88 berhasil mengamankan 30 tersangka teroris di wilayah Sumatera Utara. Dari total 30 teroris, 3 di antaranya meninggal dunia yaitu RMN (bomber di Polrestabes Medan), A dan K yang tewas ditembak saat diamankan.

Sumut

Pencurian di Bandara Kualanamu: 4 Porter Lion Air Diamankan

Published

on

Empat pelaku pencurian di Bandara Kualanamu. [Foto: HO/Polres Deliserdang/indra gunawan]

Geosiar.com, Medan – Polres Deli Serdang tengah mendalami kasus pencurian uang senilai Rp 34,8 juta dalam koper milik penumpang Lion Air di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara. Sejauh ini, polisi sudah menangkap empat pelaku yang seluruhnya merupakan petugas Porter Lion Air.

Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, AKP Rafles Langgak Putra Marpaung mengatakan kasus pencurian ini terjadi pada Sabtu, 25 Januari 2020 sekitar pukul 10.30 Wib. Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh pihak Avsec ke Polsek Beringin.

“Kalau TKP (tempat kejadian perkara) di area Avron, parkiran pesawat Lion Air Kualanamu. Saat ini pelaku sudah kita amankan dan sedang menjalani pemeriksaan di Polsek Beringin,” ujar Rafles dikutip dari Tribunnews, Selasa (28/1/2020).

Adapun identitas keempat pelaku ialah Surya Kristian Ketaren (27) warga Kabupaten Langkat, Boy Roganda Manurung (29) warga Lubukpakam, Joel Edgar Rucarda Purba (26) warga Kabupaten Simalungun dan Alfan Pardamean Sibarani (30) warga Lubukpakam.

Kapolsek Beringin AKP Maritua Karyana Lumbantobing menyebutkan bahwa keempat pelaku saling bekerja sama saat melancarkan aksinya. Satu orang membongkar koper dan tiga lainnya mengawasi keadaan sekitar.

“Mereka saling bekerja sama ini karena pencuriannya dan merogoh barang bawaan penumpang itu saat koper masih berada di body pesawat,” ujar Maritua kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Maritua, para pelaku sudah melakukan hal serupa sebanyak sepuluh kali. “Dari keterangan salah satu tersangka katanya pencurian serupa sudah dilakukan sepuluh kali. Ada satu orang tersangka yang mengakui hal itu. Sekarang keempat tersangka sudah kami tahan,” lanjutnya.

Hingga saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku guna mendapat informasi tambahan seperti kerterlibatan orang lain. “Sekarang ini masih kita terus periksa apakah ada keterlibatan orang lain lagi atau tidak,” pungkasnya.

Keempat pelaku kini sudah diamankan beserta barang bukti berupa tas koper kabin warna hitam merk MIM, satu helai rompi safety first warna hitam lis orange, dan uang tunai R 34.800.000. Petugas juga sudah memeriksa saksi-saksi terkait.

Sebagai informasi, pengungkapan kasus pencurian ini berawal dari adanya pengaduan seorang penumpang pesawat Lion Air bernama Lina (40). Aduan ini kemudian disampaikan kepada petugas security Lion Air yang dilanjutkan dengan pemeriksaan CCTV bandara.

“Security Lion Air koordinasi sama operator CCTV bandara. Dicari oknum-oknumnya ditemukanlah di lapangan,” ujar Komandan Avsec Bandara Kualanamu, Mira Ginting.

Continue Reading

Sumut

SMAN 1 Tebingtinggi Tak Aman Karena Maling Gentayangan

Published

on

Polisi yang mengorek infromasi dari pihak sekolah mengenai kasus kemalingan di SMAN 1 Tebing Tinggi. [Foto: ahs/Geosiar.com]

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Meskipun dalam situasi upacara bendera, SMAN 1 Tebing Tinggi yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi tetap tidak aman karena adanya maling yang tetap bisa beraksi dan menguras harta benda milik sekolah.

Parahnya lagi, peristiwa itu terjadi pada waktu aktivitas sekolah mulai berlangsung. Sejumlah harta milik sekolah dan barang pribadi milik guru juga dikabarkan raib dari meja kerja mereka. Atas kasus ini, pihak sekolah dikabarkan telah membuat laporan kepada pihak berwajib.

Waka Polsek Rambutan, Iptu JN Sinaga pun membenarkan adanya laporan dari pihak sekolah perihal  kehilangan tersebut. Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) Adil S, M.Pd membenarkan kejadian kehilangan aset sekolah.

Pihak kepolisian datang ke SMAN 1 Tebing Tinggi setelah mendapat laporan terjadinya kemalingan. [Foto: ahs/Geosiar.com]

“Iya, kita sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib,” ujar Adil kepada wartawan usai membuat laporan Polisi di Polsek Rambutan, Senin (27/1/2020).

Adil menambahkan, kejadian itu terjadi saat sekolah sedang melaksanakan kegiatan upacara bendera. Berdasarkan rekaman CCTV, lanjutnya, ada seseorang yang terlihat mengendap-endap masuk ke ruangan guru sekitar  pukul  08.00 Wib.

“Kami berharap pelaku dapat segera tertangkap agar jangan terulang kembali dikemudian hari,” pungkasnya. (ahs)

Continue Reading

Sumut

Hj Fitriani Manurung Apresiasi MFC Piala Akhyar Nasution, Minimalisir Pergaulan Bebas

Published

on

Medan, Geosiar.com – Medan Futsal Championship (MFC) 2020 Piala Akhyar Nasution resmi ditutup, Senin (27/01/2020). Tokoh pejuang pendidikan Kota Medan, Hj Fitriani Manurung mengapresiasi pelaksanaan MFC 2020 sebagai salah satu wadah mengasah prestasi anak-anak muda di kota Medan.

“Saya kira ini adalah event yang sangat bermanfaat dan perlu dilanjutkan, MFC kedepan diharapkan menjadi wadah untuk mengasah prestasi anak-anak Kota Medan khusunya dalam olahraga Futsal,” ucap Fitriani kepada wartawan di GOR Veteran, Jalan Pandau Hilir, Kota Medan, Senin (27/01/2020).

Fitriani juga menilai, program-program olahraga seperti futsal dan sejenisnya perlu mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat sebagai upaya memperbaiki kualitas generasi Muda kota Medan. “Hari ini, orang tua sangat khawatir dengan pergaulan anak-anaknya. Dengan turnamen-turnamen olahraga seperti ini diharapkan minat dan bakat anak muda kota Medan bisa tersalurkan,” jelasnya.

Event-event seperti ini juga sebagai jawaban dan keseriusan kita bersama dalam memerangi pergaulan bebas anak muda serta perang kita terhadap bahaya narkoba. “Kegiatan ini sekaligus sebagai keseriusan kita terhadap upaya meminimalisir pergaulan bebas dan bahaya narkoba. Mudah-mudahan anak muda Kota Medan memiliki saluran sehingga kegiatannya lebih terarah kepada hal-hal yang positif,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, kandidat Doktor di Pascasarjana Universitas Negeri Medan ini mengapresiasi pelaksana kegiatan ini. “Kita juga sangat mengapresiasi panitia yang begitu serius melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya.

Kedepan, Fitriani Manurung mengharapkan event-event seperti ini bisa terus dilaksanakan dan tidak hanya sekali saja. “Harapannya kedepan, event ini menjadi kegiatan yang terus dilaksanakan tidak sekedar hari ini saja,” jelasnya.

Usai pelaksanaan kegiatan tersebut, Hj.Fitriani Manurung juga menyampaikan selamat kepada Plt Walikota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M. Si, yang dinobatkan sebagai BAPAK FUTSAL Kota Medan. “Semoga ini bisa menjadi penyemangat Plt Walikota Medan dalam melaksanakan program-program yang terbaik bagi masyarakat khusunya anak-anak muda Kota Medan,” jelasnya. (lamru/rel)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com