Connect with us

Sumut

Tersangka Bom Medan Jadi 30 Orang

Published

on

Geosiar.com, Medan – Polda Sumatera Utara dan Densus 88 masih terus mengembangkan kasus bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan pada pekan lalu. Jumlah tersangka pun terus bertambah hingga sekarang menjadi 30 orang. Empat tersangka di antaranya baru saja diamankan tadi malam.

“Kembali bertambah 4. Total sampai jam sekarang ada 30 orang, di mana 3 meninggal dunia, termasuk pertama (pelaku bom bunuh diri). Sisanya 27 orang yakni 3 perempuan dan 24 laki-laki,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja kepada wartawan di Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Selasa (19/11/2019).

Dikatakannya, empat tersangka yang baru ditangkap itu merupakan teman pegajian bomber di Polrestabes Medan, Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24). Ia menyebutkan, seluruhnya diamankan di wilayah Kota Medan.

“Tapi ada juga satu yang menyerahkan diri,” lanjutnya.

Menurut keterangan Tatan, semua tersangka yang ditangkap memiliki peran tertentu, mulai dari rekrutmen hingga mengelola keuangan. Namun untuk aliran dana pembiayaan bom, Tatan mengaku belum bisa menjabarkannya, dari mana uang para tersangka berasal.

“Sejauh ini masih kita lakukan penyelidikan,” jelasnya.

Tatan memastikan, pihak kepolisian masih akan terus mengembangkan kasus tersebut sebab menurutnya tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka masih bisa terus bertambah.

“Pastinya akan (ada) penggeledahan dan pengembangan yang di back up Densus 88,” tandasnya.

Adapun keseluruhan tersangka yang ditangkap dilaporkan masih terbilang muda. Usia mereka antara 20 hingga 35 tahun. Media sosial diyakini menjadi wadah merak untuk saling bertukar informasi dan komunikasi.