Connect with us

Nasional

Ledakan di Kantor Kejari Parepare, Kaca Jendela Pecah

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Parepare – Ledakan bergaung dari dalam Kantor Kejaksaan Negeri Parepare, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Parepare, Sulawesi Selatan pada Selasa (19/11/2019). Ledakan tersebut terdengar sangat keras.

Ledakan keras tersebut bahkan terdengar hingga radius ratusan meter dari lokasi kejadian sekira pukul 14.30 WITA.

“Saya kira gempa, karena tanah sempat bergetar,” ujar Siswanto, warga jalan Jenderal Sudirman, Kota Parepare, di Kantor Kejaksaan Negeri Parepare.

Hingga kini Aparat kepolisian masih berada di TKP untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

“Kita masih tunggu tim Gegana guna memeriksa dan memastikan sumber ledakan,” tutur Kapolres Parepare AKBP Budi Susanto.

Menurut pantauan di Kantor Kejaksaan Negeri Parepare, terlihat beberapa kaca jendela pecah, diduga akibat getaran dari ledakan tersebut, termasuk beberapa kaca jendela dan dinding bangunan di sekitar Lokasi.

Advertisement

Nasional

Kapolri Resmi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kabareskrim

Published

on

Listyo Sigit Prabowo

Geosiar.com, Jakarta – Kepala Kepolisian RI Jenderal Idham Azis resmi melantik Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal atau Kabareskrim Polri di Gedung Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari ini (16/12/2019). Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang kini mengisi posisi Kepala Kepolisian RI.

Usai membacakan surat telegram, Idham memandu sumpah jabatan kepada Listyo dan 12 perwira tinggi Polri.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selalu pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” ujar Listyo dan 12 perwira tinggi Polri bersamaan.

Tak hanya Listyo, pejabat tinggi Polri lain yang dilantik yakni Komisaris Jenderal Firli, Inspektur Jenderal Agus Andrianto menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan, Brigadir Jenderal Herry Rudolf Nahak menjadi Asisten Operasional, Brigadir Jenderal Tornagogo Sihombing menjadi Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat.

Selain itu juga ada Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri menjadi Asisten Logistik, Inspektur Jenderal Asep Suhendar menjadi Kepala Kepolisian Daerah DIY Yogyakarta, Inspektur Jenderal Fakhrizal menjadi Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan, Inspektur Jenderal Toni Harmanto menjadi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat.

Bersama Kabareskrim yang baru, dilantik juga Inspektur Jenderal Lukman Wahyu Hariyanto yang berpindah tugas ke Badan Pemeliharaan Keamanan, Brigadir Jenderal Syafril Nursal menjadi Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah serta Brigadir Jenderal Ignasius Sigit menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan.

Continue Reading

Nasional

PGRI Tanggapi Penghapusan UN: Jangan Hanya Coba-coba

Published

on

Ilustrasi Ujian Nasional (UN). [Foto: dok. istimewa]

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Didi Suprijadi menanggapi soal program penghapusan Ujian Nasional (UN) 2021 yang dibuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Menurutnya, guru itu hanya sebagai eksekutor sehingga jangan diperlakukan diperlakukan layaknya seperti ajang coba-coba. Untuk itu, ia meminta agar pemerintah mengkaji ulang mendalam program tersebut sebelum eksekusi final. Ini dilakukan untuk meminimalisir keributan yang terjadi di publik.

“Kami dari guru hanya melakukan. Ini jangan coba-coba. Perlu kajian memang betul. Kami setuju-setuju. Perlu hati-hati. Pengalaman yang lalu, ramai juga. Pak menteri diganti, ribut lagi. Kemudian sampai menggunakan kurikulum macam-macam,” ujar Didi dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Komisi X, Putra Nababan, juga mengimbau Mendikbud untuk memaparkan terlebih dahulu hasil kajian yang menunjukkan bahwa UN harus dihapus agar tidak terus menjadi polemik.

“Kita minta kajiannya. Kami Komisi X meminta kajiannya berikan kepada kami. Jangan sampai nanti diputuskan, nanti kajiannya melenceng sedikit, jadi polemik lagi,” ucap Putra.

Selain itu, Putra mengatakan pihaknya juga ingin melihat grand design dan road map pendidikan yang akan dijalankan untuk ke depannya.

“Jangan ganti menteri, ganti kurikulum,” pungkas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Seperti diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa UN 2020 merupakan yang terakhir. Artinya, pada 2021, UN resmi dihapus dan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Continue Reading

Ekonomi

Sri Mulyani Masuk ‘100 Most Powerful Women’ Versi Forbes

Published

on

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. [Foto: Instagram.com/smindrawati]

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia atau The World’s 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes. Klik disini.

Dalam daftar tersebut, Sri Mulyani menempati posisi ke-76 dan menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bersanding dengan Angela Markel, Christine Lagarde, Oprah Winfrey, Queen Elizabeth II, Beyonce hingga Greta Thunberg.

Kemampuan wanita kelahiran Lampung ini dibidang perekonomian Indonesia dan dunia sudah tidak bisa diragukan lagi. Usai bekerja di Bank Dunia, Sri dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menteri Keuangan. Sri Mulyani juga merupakan satu-satunya perempuan yang menjadi menteri keuangan di Indonesia.

Sebelumnya, Sri Mulyani pernah mendapat penghargaan tingkat Asia, yaitu Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE). Kemudian, dia juga pernah meraih penghargaan sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia oleh harian ‘Emerging Markets’.

Kemudian, pada 2018 lalu, Sri Mulyani diberi Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Pada tahun yang sama, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com